Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Agresif Renault untuk Indonesia

Kompas.com - 27/02/2019, 11:29 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek otomotif Renault menyegarkan diri di Indonesia dibawah manajemen baru PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku Agen Pemegang Merek (APM). Tidak ingin berdiam diri, Renault langsung melakukan langkah cepat dengan meresmikan tiga diler resmi, Minggu (24/2/2019) lalu.

"Sebagai langkah awal kami meresmikan diler di Pluit, Pecenongan, dan Serpong. Ini merupakan strategi kami untuk memperkenalkan kembali merek Renault di Indonesia," ucap COO PT MRI Davy J Tuilan saat bertandang ke kantor Kompas.com, Selasa (27/2/2019).

Menurut Davy strategi yang dipilih pihaknya adalah agresif mindset. Ini untuk kembali menumbuhkan rasa percaya dari konsumen terhadap merek asal Prancis tersebut.

Untuk itu, setelah tiga diler yang diresmikan pekan lalu, MRI berencana untuk meresmikan diler tambahan di wilayah Bintaro dan BSD dalam dua bulan ke depan.

Baca juga: Renault dan VW Rakit Mobil di Indonesia

"Target kami sampai akhir tahun akan meresmikan 20 diler di seluruh Indonesia. Semua diler tersebut memiliki fasilitas 3S (sales, service dan sparepart) kecuali outlet Pecenongan yang merupakan diler 1 S," ucap Davy.

Kebijakan Diler

Untuk menumbuhkan iklim usaha yang berkesinambungan dan persaingan sehat antar diler Renault, MRI melakukan kebijakan khusus. Nantinya tiap diler akan memiliki satu wilayah ekslusif untuk beroperasi sehingga tidak ada lagi persaingan antar diler dalam hal potongan harga yang selama ini mewarnai usaha diler otomotif.

"Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya akan dipegang Maxindo Mobil Indonesia (MMI). Sedangkan wilayah lain kami terbuka untuk kerja sama. Saat ini sudah ada Medan, Yogya dan Bandung serta Makassar yang tertarik bekerja sama dengan kami untuk membuka layanan di daerah tersebut. Permintaan juga datang dari kota lain seperti Tegal dan Cirebon," ucap Davy.

Sebelumnya merek Renault berada di bawah manajemen PT Indomobil yang kemudian mengakhiri kerjasamanya di awal 2019. PT MRI kemudian ditunjuk sebagai pemegang merek per 24 Februari lalu untuk mulai memasarkan model-model Renault di Tanah Air.

"Soal produk tunggu saja kejutan-kejutan dari kami," ucap Davy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com