Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2021 Indonesia Gelar MotoGP di Lombok

Kompas.com - 22/02/2019, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mimpi Indonesia untuk menjadi salah satu negara penyelenggara MotoGP mungkin bakal terwujud. Sebab, ajang balapan sepeda motor kasta tertinggi di dunia itu lagi dipastikan bakal digelar di Tanah Air.

Informasi itu langsung disampaikan oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer. Menurut dia, Dorna Sport segera mengumumkan kabar gembira itu kepada publik dunia.

"Saya sudah melakukan tanda tangan kontrak dengan Dorna, jadi sudah pasti 2021 MotoGP digelar di Indonesia," ucap Abdulbar ketika dikonformasi Kompas.com, Kamis (21/2/2019) sore.

Abdulbar menjelaskan, sesuai dengan konsep awal bahwa penyelenggaraan balapan motor kelas dunia itu akan diadakan di kawasan wisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Jawa Barat Mau Bangun Sirkuit MotoGP

"Konsepnya Sirkuit jalanan, nanti akan kita informasikan lebih lanjut lagi setelah Dorna mengumumkan pernyataan ini secara resmi kepada masyarakat dunia," ujar dia.

Para pebalap MotoGP menunjukkan dukungan pemulihan di Lombok akibat bencana gempa bumi, dalam sesi jumpa pers jelang GP Inggris, 24 Agustus 2018.TWITTER.com/MOTOGP Para pebalap MotoGP menunjukkan dukungan pemulihan di Lombok akibat bencana gempa bumi, dalam sesi jumpa pers jelang GP Inggris, 24 Agustus 2018.

Sebelumnya, dia juga pernah mengatakan bahwa Sirkuit itu akan dikembangkan oleh insinyur dan desainer ternama yang sudah terbiasa dan dipercaya membangun lintasan balap untuk MotoGP.

"Jadi selain untuk balapan motor lain seperti Super Bike, MotoGP juga bisa dilakukan di Sirkuit itu. Bahkan, nanti kita akan bangun Convention Hall, yang nantinya bisa digunakan sebagai paddock ketika balapan berlangsung," kata Abdulbar.

Bukan hanya itu, tempat penonton juga dibuat khusus, bahkan bisa melihat balapan di atas bukit, sehingga memberikan sensasi yang berbeda kepada pecinta balap.

"Bukit itu akan kita bangun, jadi nanti bisa melihat di sekeliling bukit. Intinya segala sesuatunya akan dipikirkan, termasuk fasilitas Sirkuit lain," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com