Alasan Xenia Baru Tak Gunakan Penangkal Embun

Kompas.com - 21/02/2019, 11:43 WIB
Penampilan baru Daihatsu Xenia Penampilan baru Daihatsu Xenia
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah memiliki tampilan baru dan mesin 1.500 cc, namun Daihatsu Xenia tidak menyematkan fitur defogger pada kaca belakang. Padahal fitur penangkal embun ini cukup penting keberadaannya, terutama saat musim hujan.

Defogger pada kaca belakang berbentuk garis horizontal berwarna cokelat. Garis-garis tersebut berguna untuk mengantarkan hawa panas untuk mengusir embun karena adanya perbedaan suhu di dalam dan luar kabin.

Saat menanyakan hal ini, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, menjelaskan bila memang Xenia sejak awal tak menggunakan fitur tersebut.

Baca juga: Antara Veloz dan Livina Terbaru, Pilih Mana?

"Statusnya "nice to have", jadi kalau ada yang bagus kalau tidak yang tidak apa-apa. Kaca berembun lebih sering terjadi pada daerah pegununggan, kalau di dalam kota dan iklim torpis akan sangat jarang digunakan," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.
Tidak hanya itu, dari segi harga, pemasangan defogger juga tidak murah karena dijual paketan dengan kaca belakang. Sehingga bila disematkan otomatis bisa mempengaruhi harga jual dari Xenia.

Baca juga: Sensasi Daihatsu Xenia Bertenaga Terios

Bukan hanya Daihatsu yang tak menyematkan defogger, beberapa MPV sejuta umat lainnya juga mengabsenkan fitur ini. Mulai dari Mobilio, Ertiga, Avanza, sampai Wuling Confero sekalipun.

"Defogger itu satu paket sama kaca belakang, tidak bisa dijual terpisah. Kalau kaca belakang polos itu sekitar Rp 800.000, bila sama defogger kisarannya bisa sampai Rp 1,5 jutaan," ucap Bambang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X