Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Xenia Baru Tak Gunakan Penangkal Embun

Kompas.com - 21/02/2019, 11:43 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah memiliki tampilan baru dan mesin 1.500 cc, namun Daihatsu Xenia tidak menyematkan fitur defogger pada kaca belakang. Padahal fitur penangkal embun ini cukup penting keberadaannya, terutama saat musim hujan.

Defogger pada kaca belakang berbentuk garis horizontal berwarna cokelat. Garis-garis tersebut berguna untuk mengantarkan hawa panas untuk mengusir embun karena adanya perbedaan suhu di dalam dan luar kabin.

Saat menanyakan hal ini, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, menjelaskan bila memang Xenia sejak awal tak menggunakan fitur tersebut.

Baca juga: Antara Veloz dan Livina Terbaru, Pilih Mana?

"Statusnya "nice to have", jadi kalau ada yang bagus kalau tidak yang tidak apa-apa. Kaca berembun lebih sering terjadi pada daerah pegununggan, kalau di dalam kota dan iklim torpis akan sangat jarang digunakan," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu mobil yang sudah dilengkapi defogger namun masih memiliki wiper di kaca belakang.
Tidak hanya itu, dari segi harga, pemasangan defogger juga tidak murah karena dijual paketan dengan kaca belakang. Sehingga bila disematkan otomatis bisa mempengaruhi harga jual dari Xenia.

Baca juga: Sensasi Daihatsu Xenia Bertenaga Terios

Bukan hanya Daihatsu yang tak menyematkan defogger, beberapa MPV sejuta umat lainnya juga mengabsenkan fitur ini. Mulai dari Mobilio, Ertiga, Avanza, sampai Wuling Confero sekalipun.

"Defogger itu satu paket sama kaca belakang, tidak bisa dijual terpisah. Kalau kaca belakang polos itu sekitar Rp 800.000, bila sama defogger kisarannya bisa sampai Rp 1,5 jutaan," ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com