Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Toyota Voxy dan Nissan Serena Baru

Kompas.com - 20/02/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serena baru akhirnya resmi dirilis oleh Nissan Mobil Indonesia (NMI). Meski memiliki desain dan mesin yang relatif sama, namun kali ini Serena Highway Star telah disodori beragam fitur baru yang membuatnya makin canggih dari sebelumnya.

Mulai dari intelligent sliding door pertama di kelasnya, layar sentuh tujuh inci ganda untuk head unit dan multi information display. Sampai kenyamanan baru lain bagi penumpang dan pengendara.

Di pasar, Serena akan bertarung dengan Toyota Voxy di pasar medium MPV boxy dengan pintu geser. Namun Nissan mempersiapkan Serena dalam dua pilihan, yakni varian X Rp 448 juta dan Highway Star Rp 465 juta, sementara Voxy hanya keluar dalam satu tipe dengan banderol Rp 462 juta.

Baca juga: New Serena Meluncur Bareng Livina Xpander

Toyota Voxy datang gantikan Nav-1Febri Ardhani/Otomania Toyota Voxy datang gantikan Nav-1

Keduanya sama-sama memiliki desain kotak dengan tampilan wajah futuristik. Serena pun mengadopsi model headlamp layaknya Voxy dengan konsep double layer, yang kini makin menjadi tren setelah digunakan Avanza dan Xenia facelift.

Serena menawarkan fitur intelligent siliding door yang dapat dioperasikan tanpa menyentuh tuas. Melalui fitur ini, penumpang cukup membuka dengan menggerakan satu satu kaki di bawah pintu geser yang sudah terdapat foot sensor.

Sementara Voxy, untuk urusan membuka pintu geser bisa dilakukan dengan mode elektrik yang didukung dengan fitur jam protection. Tidak hanya itu, Nissan juga ikut menyematkan intelligent around view monitor pada Serena baru yang memudahkan pengendara saat parkir dengan bantuan empat kamera. Voxy sendiri hanya memiliki rear & corner sensor dengan parking camera dynamic back guide monitor.

Interior Nissan Serena baru Interior Nissan Serena baru

Penumpang Serena baru juga akan dimanjakan dengan hadirnya hiburan roof mount monitor. Tapi sayang, dengan harga yang cukup kompetitif tersebut, Serena tidak dibekali dengan fitur moon roof  layaknya Voxy yang mampu mendongkrak sisi kemewahannya.

Baca juga: Simak Kemewahan Baru Nissan Serena

Bahkan dari sisi perangkat keselamatan dan penunjang berkendara, berdasarkan brosur Serena belum mengusung fitur vehicle stability control (VSC) dan hill start assist seperti Voxy. Tapi dari sisi perlindungan airbag sudah lengkap dari depan sampai samping.

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),  Kamis (10/8/2017).Febri Ardani/otomania.com Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).
Dari segi performa, baik Serena maupun Voxy dibekali dengan mesin berkubikasi 2.000 cc dengan transmisi CVT. Voxy mampu memproduksi tenaga sebesar 152 PS dengan torsi 19.7 Kgm, sementara Serena 150 Ps dan torsi 19.9 kgm.

Bila ditarik kesimpulan, keduanya tetap ada plus minus, tergantung kebutuhan dan kesesuaian konsumennya. Kompetisi harga juga akan menjadi faktor penentu, karena dengan banderol Voxy yang lebih murah Rp 3 juta dari Serena HWS juga akan menjadi hal yang cukup krusial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com