Ada Kembaran Xpander, Daihatsu Biasa Saja

Kompas.com - 14/02/2019, 07:42 WIB
Penampakan Nissan Livina terbaru dengan basis Mitsubishi Xpander Instagram/indra_fathanPenampakan Nissan Livina terbaru dengan basis Mitsubishi Xpander
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum reda soal kompetisi duet Avanza- Xenia dengan Mitsubishi Xpander, sudah ada isu kemunculan low multi purpose vehicle (LMPV) baru dari Nissan. Seperti diketahui, LMPV baru keluaran Nissan itu akan hadir sebagai kembaran dari Xpander.

Kabarnya, mobil tersebut akan muncul dengan nama All New Nissan Livina. Kehadirannya hanya tinggal mengitung hari saja, akan dilakukan pekan depan.

Menanggapi desas-desus tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatu Motor (ADM) Amelia Tjandra, menjelaskan tidak ada hal spesial dengan kehadiaran kembaran Xpander dari Nissan. Amel pun menjelaskan bahwa posisi Nissan Livina bukan menjadi kompetitor dari Xenia.

Baca juga: Kata Daihatsu, Xenia 1.5 Bukan Lawan Mitsubishi Xpander

"Biasa saja, namanya pasar global pasti ada kompetisi jadi biasa saja. Dia (Nissan Livina) bukan saingan kita, kalau keluar yang kena siapa. Kita bukan saingan Xpander, kalau produk itu kembaran Xpander ya tanya saja yang kena dampaknya siapa," ucap Amel kepada wartawan di Sibolga, Sumatera Selatan, Rabu (13/2/2019).

Masalah Xenia bukan saningan Xpander atau kembaranya nanti dari Nissan, merujuk pada kapasitas mesin yang difokuskan Daihatsu untuk Xenia-nya. Seperti diketahui, walau saat kini Xenia memiliki pilihan mesin 1.500 cc, tapi secara penjualan Daihatsu lebih fokus pada pasar Xenia 1.300 cc.

Penampakan Nissan Livina terbaru dengan basis Mitsubishi XpanderInstagram/indra_fathan Penampakan Nissan Livina terbaru dengan basis Mitsubishi Xpander
Ketika disinggung soal kemungkinan adanya kesamaan strategi yang diterapkan Livina-Xpander layaknya Avanza-Xenia, Amel juga tidak memberikan banyak komentar. Apalagi menudur dia sampai saat ini belum ada informasi pasti mengenai kapan peluncurannya.

"Kita tidak bisa duga-duga kerena kan belum keluar. Kalau memang begitu (mirip dengan Avanza-Xenia), ya mereka tinggal bertarung dengan pasarnya mereka. Saya bilang dari awal saya konsisten, tidak ada pengaruhnya," kata Amel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X