Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf, DP Nol Persen Tidak Dilirik Konsumen Jaguar Land Rover

Kompas.com - 13/02/2019, 08:23 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan penerapan uang muka/down payment (DP) nol persen dari Otoritas Jasa Keuangan, sepertinya tidak berlaku buat konsumen Jaguar Land Rover (JRL) di Indonesia. Sebab, para miliuner itu meskipun membeli mobil secara kredit, tidak akan memanfaatkan aturan tersebut.

Menurut Jentri Izhar, Brand Director JLR Indonesia, skema kredit yang selalu diambil oleh konsumen JLR di Tanah Air, yaitu menanfaatkan bunga nol persen dengan tenor maksimal 12 bulan atau satu tahun saja.

"Pada dasarnya, konsumen kami itu tidak memaksakan dalam membeli mobil. Sebab, secara harga saja sudah miliaran rupiah, jadi sudah pasti punya uang," ujar Jentri di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa (12/2/2019).

Secara komposisi, lanjut Jentri justru seimbang antara yang membeli secara kredit dengan tunai. Persentase pembeli kredit 50 persen, begitu juga dengan tunai 50 persen juga.

Baca juga: DP Nol Persen Belum Berdampak untuk Mobil Bekas

"Karena buat konsumen kami, uangnya itu ada yang digunakan untuk usahanya lagi. Belum lagi, karakter pembeli kami itu jarang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, lebih tepatnya menjadikan sebagai mobil ketiga, keempat bahkan ke sepuluh," ucap Jentri.

Belum lagi, secara brand Jaguar Land Rover sendiri merupakan mobil yang begitu emosional, sehingga karakter konsumennya jelas berbeda dengan merek lain.

"Jadi buat konsumen kami, tidak berlaku skema uang muka nol persen itu," kata Jentri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com