BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Astra Honda Motor
BRANDZVIEW

Ingat, Perhatikan Fitur-fitur Ini Sebelum Membeli Motor untuk Pelajar

Kompas.com - 12/02/2019, 14:08 WIB
Ilustrasi pengendara motorSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor

KOMPAS.com — Satu bulan lalu, Bayu, anak pertama Ferry (46), genap berusia 17 tahun. Sebagai kado ulang tahun, anaknya itu meminta sepeda motor baru sebagai moda transportasinya.

Bayu ingin seperti teman-teman sebayanya yang menggunakan motor untuk bepergian ke mana-mana. Terlebih, saat ini aktivitas hariannya cukup banyak. Mulai dari sekolah, ekstrakulikuler basket, hingga mengikuti bimbingan belajar.

Mengingat Bayu yang masih duduk di kelas XII SMA itu belum memiliki surat izin mengemudi (SIM), Ferry tidak serta-merta setuju dengan permintaan tersebut. Setelah berdiskusi dengan sang istri, Ferry akhirnya berjanji akan menuruti keinginan Bayu. Syaratnya, dia harus memiliki SIM terlebih dahulu.

Wajar jika Ferry ingin anaknya memiliki SIM terlebih dahulu sebelum mengendarai motor di jalan. Sebab, sampai saat ini angka korban kecelakaan lalu lintas dari kalangan pelajar seperti Bayu masih cukup tinggi.

Melansir Kompas.com pada Kamis (17/1/2019), data dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebutkan, sepanjang 2018 tercatat 24,43 persen korban kecelakaan lalu lintas berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Memilih kendaraan bermotor untuk pelajar memang susah-susah gampang. Tidak hanya mempertimbangkan harga terjangkau, tapi juga ada faktor-faktor lain yang harus diperhatikan agar tidak menyesal nantinya. Misalnya, fitur keamanan dan keselamatan.

Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa fitur keamanan dan keselamatan yang sebaiknya dimiliki sebuah sepeda motor.

Secure Key Shutter

Secure Key Shutter merupakan salah satu fitur keamanan yang sudah lazim digunakan pada motor saat ini. Fitur ini merupakan sistem penguncian yang dilengkapi dengan penutup bermagnet kuat dengan tuas penutup manual.

Secure Key Shutter berfungsi sebagai pengaman ganda pada motor serta mengurangi risiko pencurian. Adanya penutup pada lubang kunci juga dapat melindunginya dari debu serta mencegah karat akibat air.

Side Stand Switch

Bagi motor matik fitur Side Stand Switch merupakan salah satu fitur keselamatan terpenting. Sebab, fitur ini dapat mencegah kecelakaan akibat pengendara yang lupa menaikkan standar samping.

Adanya Side Stand Swicth membuat mesin akan otomatis mati pada saat standar samping diturunkan. Mesin pun tidak dapat menyala ketika standar masih dalam posisi turun.

Combi Brake System

Selanjutnya ada fitur pengereman Combi Brake System (CBS) yang mulai banyak diadopsi oleh sepeda motor. Berbeda dengan fitur pengereman biasa, fitur ini dapat melakukan pengereman pada roda depan dan belakang secara tepat.

Ilustrasi rem sepeda motorSHUTTERSTOCK Ilustrasi rem sepeda motor

Hanya dengan menarik tuas rem kiri, pengendara dapat melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek dengan bobot seimbang antara rem depan dan belakang.

Parking Brake Lock

Parking Brake Lock merupakan sistem pengunci rem yang cara kerjanya mirip hand brake pada kendaraan roda empat. Fitur ini dapat digunakan ketika mesin menyala atau mati serta pada saat-saat tertentu.

Misalnya, saat parkir atau ketika motor berhenti di tanjakan atau turunan. Ketika berhenti di lampu merah, fitur ini mampu mencegah motor loncat saat pengendara tidak sengaja memutar gas terlalu besar.

Bagi yang sedang mencari motor dengan fitur-fitur tersebut, kini tidak perlu bingung lagi. Sebab, saat ini ada beberapa motor yang sudah memiliki semua fitur keamanan tersebut, salah satunya All New Honda BeAT

Motor skutik keluaran Honda ini sudah memiliki semua fitur keselamatan dan keamanan tersebut. Selain itu, varian terbaru dari skutik Honda BeAT ini juga dibekali dengan berbagai teknologi canggih yang membuatnya lebih irit bahan bakar.

Pertama, motor skutik ini didukung mesin 110 eSP dengan ACG Starter untuk sensasi menghidupkan motor tanpa suara. Mesin 110 eSP juga mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien serta mengurangi gesekan. Risiko bahan bakar terbuang percuma juga dapat diperkecil, serta mengoptimalkan energi keluar.

Selanjutnya ada fitur ECO Indikator pintar yang akan menyala sebagai tanda berkendara irit. Lampu ECO Indikator memiliki 3 kondisi menyala yang berbeda. Semakin terang warna hijaunya, maka konsumsi bahan bakar pun semakin efisien.

Untuk urusan konsumsi bahan bakar, skutik yang satu ini menjadi salah satu motor dengan konsumsi bahan bakar irit di kelasnya. Dengan 1 liter bahan bakar, motor ini mampu menempuh jarak hingga 59 kilometer (metode EURO 3). Kapasitas tangkinya pun cukup besar hingga 4 liter dengan kemampuan jelajah hingga 236 kilometer saat tangki terisi penuh.

Dengan semua fitur-fitur unggulan yang dimiliki tersebut, Honda BeAT menjadi salah satu skutik yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih sebagai moda transportasi untuk pelajar.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: