Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk “Aftermarket” Anak Bangsa Tampil di Osaka

Kompas.com - 11/02/2019, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rombongan Great of Indonesia yang terdiri dari para modifikator dan pelaku aftermarket dalam negeri, ikut meramaikan ajang pameran modifikasi Osaka Automesse (OAM) yang berlangsung di Osaka, Jepang pada 9-11 Februari 2019.

Great of Indonesia merupakan gerakan yang diinisiasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Pada tahun keduanya, gerakan ini memiliki misi memperkenalkan hasil produk aftermarket Indonesia ke dunia Internasional, sekaligus menjadi rangkaian pre-event jelang penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) kedua, pada 28-29 September 2019.

Beberapa produk aftermarket hasil buatan anak bangsa yang dipamerkan diantaranya, Karma Body Kit, spesialis lampu custom Yoong Motor, suspensi udara Air Pride, dan juga cover mobil custom BitelBlack. Nantinya, brand-brand tersebut secara efektif akan berjualan sekaligus memperkenalkan mereknya untuk pasar di Jepang.

Baca juga: Angkat Tema Kolaborasi, IMX 2019 Siap dengan Gebrakan Baru

“Kami sudah siap untuk membawa produk kreatif modifikasi Indonesia ke OAM tahun ini. Berkaca dari Great of Indonesia sebelumnya, kami yakin produk-produk otomotif yang dibawa bisa diterima, apalagi merupakan produk kreativitas asli anak bangsa dan didukung pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin),” ujar Andre Mulyadi, founder NMAA sekaligus pengagas IMX dalam keterangan resminya, Minggu (10/2/2019).

Rombongan Great of Indonesia di Osaka Automesse 2019 Rombongan Great of Indonesia di Osaka Automesse 2019
Dukungan pemerintah terhadap karya aftermarket anak bangsa, ditunjukan dengan hadirnya Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika. Kehadiran perwakilan Kemenperin tersebut makin memberikan motivasi bagi para tuner lokal untuk menujukan produk dalam negeri yang berkualitas.

Produk-produk anak bangsa yang hadir di OAM akan langsng menjalankan aktivitas masing-masing. Karma Body Kit akan menampilkan body kit set untuk Toyota 86 dan melakukan direct selling dengan sistem pre-order. Yoong Motor sebagai pelopor lampu custom, memamerkan karya customized light yang tak banyak dilakukan para tuner di negara lain.

Rombongan Great of Indonesia di Osaka Automesse 2019 Rombongan Great of Indonesia di Osaka Automesse 2019
Sedangkan suspensi udara Air Pride akan menawarkan teknologi digital mengenai pengaturan kinerja air suspension. Sementara BitelBlack membawa konsep cover custom mobil yang pertama di pasar Jepang.

Baca juga: NMAA Pamerkan Produk Aftermarket Lokal di Jepang.

Menurut Andre, Jepang merupakan pasar potensial karena sebagai salah satu kiblat modifikasi dunia. Negara ini memiliki kontrol kualitas yang tinggi terhadap sebuah produk aftermarket, artinya jika produk aftermarket Indonesia bisa diterima pasar Jepang, berarti secara kualitas sudah bisa diakui.

“Mudah-mudahan hal tersebut ada timbal baliknya buat khalayak modifikasi dan aftermarket Indonesia. Doakan kami yang akan berpameran di sana, dan jangan lupa untuk terus mendukung Indonesia Modification Expo 2019 yang akan menjadi lebih besar dan berskala internasional,” kata Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com