Target Polri, 2035 Tidak Ada Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 08/02/2019, 14:02 WIB
Kecelakaan lalu lintas.Shutterstock Kecelakaan lalu lintas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas ( Korlantas) Polri terus giat mengkampanyekan keselamatan berkendara. Sebagai contoh, awal 2019 ini mengadakan kegiatan Millenial Road Safety Festival di seluruh Indonesia.

Secara utama, mengajak kaum milenial untuk selalu tertib dalam berlalu lintas, sampai akhirnya bisa menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menjelaskan, target pada 2020 bisa menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas hingga 50 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi salah satu upayanya yaitu terus mensosialisasikan tentang tertib berlalu lintas, hingga mengajarkan bagaimana cara yang baik dan benar ketika membawa kendaraan bermotor," ujar Refdi ketika berbincang dengan Kompas.com di kantor Korlantas Polri belum lama ini.

Baca juga: Bulan Depan Korlantas Polri Terbitkan SIM Milenial

Target jangka panjang, lanjut jenderal bintang dua itu pada 2035 tidak ada lagi kecelakaan lalu lintas di seluruh wilayah Indonesia atau Zero Accident.

"Jadi di tahun 2035 tidak ada lagi kecelakaan lalu lintas. Terdengar tidak mungkin tetapi target kita untuk jangka panjang dengan segala upaya yang kita lakukan di tahun sebelumnya seperti itu," kata Refdi.

Mobil pick up yang terlibat kecelakaan lalu lintas kontra truk pengangkut amunisi milik Pindad di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (16/10/2018).Dok.Polres Kediri Mobil pick up yang terlibat kecelakaan lalu lintas kontra truk pengangkut amunisi milik Pindad di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (16/10/2018).

Refdi mengatakan, pasti banyak pihak yang merasa tidak mungkin target itu akan tercapai karena pergerakan manusia hingga pertumbuhan kendaraan bermotor di masa mendatang semakin tinggi, tetapi tidak ada salahnya menciptakan target seperti itu.

"Paling tidak menghargai setiap nyawa yang bergerak ketika di jalan raya. Paling tidak ada hasil yang akan dicapai dari kegiatan yang sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Berdasarkan data yang dirilis Korlantas Polri, jumlah kecelakaan lalu lintas pada 2018 mencapai 107.968 kejadian. Rata-rata korban meninggal dunia per tahun sekitar 30.000 orang atau per hari 80 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.



Close Ads X