Masalah Airbag, Mitsubishi "Recall" 1.278 Mobil di Indonesia

Kompas.com - 01/02/2019, 12:24 WIB
Sales promotion girl berpose di samping Mitsubishi Pajero Sport saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose di samping Mitsubishi Pajero Sport saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar kampanye perbaikan atau recall pada sejumlah produknya. Perbaikan tersebut menyangkut masalah airbag inflator yang terdampak pada 1.278 unit mobil produksi 2006 hingga 2016 yang dipasarkan di Indonesia.

Untuk 1.278 unit mobil Mitsubishi yang masuk dalam daftar recall, terdiri dari 62 Pajero Super Exceed porduksi 2008-2013, 996 unit Delica produksi 2014-2016, dan Lancer SEi yang diproduksi sepanjang 2006 hingga 2012 dengan jumlah 220 unit.

Mitsubishi menemukan kemungkinan Body Inflator Airbag (komponen mekanis pengembang kantung udara) dapat pecah yang menyebabkan terpentalnya material komponen tersebut. Kondisi itu berpotensi melukai pengemudi atau penumpang depan ketika airbag mengembang saat terjadinya tabrakan frontal.

Baca juga: Xpander Bawa Mitsubishi Cetak Sejarah di Indonesia

Diketahui penyebab Body Inflator Airbag memiliki potensi pecah dikarenakan oleh bahan kimia pengembang airbag, yakni ammonium nitrate yang berubah dalam akumulasi jangka waktu yang lama sehingga rusak di bawah pengaruh perbedaan temperatur dan kelembaban. Komponen Body Inflator Airbag yang baru sebagai pengganti dalam kampanye perbaikan ini telah dikembangkan tanpa penggunaan bahan kimia tersebut.

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI, menjelaskan bahwa program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan.

Ilustrasi letak komponen ?Passenger Airbag Inflator? untuk model DELICA Ilustrasi letak komponen ?Passenger Airbag Inflator? untuk model DELICA
"Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya," kata Irwan dalam siaran resmi MMKSI, Juamt (1/2/2019).

Melalui jaringan dilernya di Indonesia, Mitsubishi akan mengirimkan surat undangan kepada konsumen yang kendaraannya terdampak masalah tersebut tanpa dikenakan biaya apapun. Kampanye ini dimulai tanggal 1 Februari 2019 di seluruh diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia.

Dalam proses pergantian, MMKSI mempresikdi estimasi pemeriksaan dan penggantian komponen memakan waktu tiga jam untuk model Pajero Super Exceed. Sementara untuk Delica dan Lancer SEi sekitar dua jam .



Terkini Lainnya


Close Ads X