Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Setelah Kena Air Hujan, Mobil Wajib Dicuci

Kompas.com - 29/01/2019, 12:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pemilik mobil, pada musim hujan seperti serkarang ini, jangan malas membilas seluruh bagian eksterior dengan menggunakan air biasa. Alasan utama, untuk menjaga agar kaca dan juga bodi tidak cepat timbul jamur atau warna cat menjadi pudar.

Menurut penjelasan Christopher Sebastian, CEO dari Makko Group, sebaiknya ketika di jalan mobil terkena air hujan maka ketika tiba di rumah langsung dibilas menggunakan air biasa dan lap sampai benar-benar kering.

"Potensi timbul jamur di kaca hingga ke bodi menjadi cukup besar. Tetapi, kalau sering dibilas, potensi itu menjadi lebih kecil," ujar Christopher kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Christopher melanjutkan, pastikan juga air hujan yang menempel di bagian bodi atau kaca jangan sampai kering dengan sendiri, apalagi dalam waktu yang cukup lama. Sifat dari air hujan itu sendiri sangat kurang bersahabat dengan kaca atau bodi mobil.

Baca juga: Aturan Baru, Pelanggar Lalu Lintas Dilarang Kredit Kendaraan

"Pada intinya jangan sampai mengering dan didiamkan dalam waktu berhari-hari. Kondisi seperti itu yang menjadikan kaca mobil cepat berjamur dan warna cat mobil menjadi kusam," kata dia.

Mencuci Mobil di AutoglazeKOMPAS.com / Aditya Maulana Mencuci Mobil di Autoglaze

Sementara itu, Robby Kurnia, CEO Autoglaze Indonesia, juga pernah mengatakan bahwa air hujan yang kering sendiri di bagian bodi mobil bisa menimbulkan bercak seperti garam.

"Kalau jarang dibersihkan bisa timbul seperti itu. Jadi sebaiknya langsung dibilas atau dicuci biasa saja tanpa menggunakan sabun, yang penting dilap lagi sampai benar-benar kering di seluruh bagian eksterior," ujar Robby belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com