Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu soal Perawatan Berkala AC Mobil

Kompas.com - 27/01/2019, 12:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilik mobil wajib tahu bagaimana cara melakukan perawatan berkala pada bagian AC. Perlu diketahui, untuk membuat kinerja pendingin kabin itu tetap maksimal dibutuhkan pengecekan rutin.

Lantas, ketika melakukan hal itu apa yang harus dilakukan oleh pemilik mobil? Menurut Technical Service Departement PT Denso Sales Indonesia Joko Pratikno, meliputi fresh service, light service, dan heavy service.

Dijelaskan Joko, perawatan fresh service itu seperti mengganti filter AC kabin dan pembersihan blower setiap 6 bulan atau setiap 10.000 km.

Perawatan light service, seperti penggantian dryer, oli komprespor, dan refrigant, minimal setiap 20.000 km atau satu tahun sekali.

Baca juga: Ketahui Bahaya Tidur di Mobil dengan Mesin dan AC Menyala

"Perawatan ini juga berguna untuk memeriksa kondisi kompresor AC mobil agar tetap bekerja optimal," ucap Joko dalam siaran resmi, Minggu (27/1/2019).

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

Jenis perawatan heavy service kata Joko wajib dilakukan setiap kelipatan 40.000 km atau dua  tahun sekali. Servis ini sama seperti servis besar pada mesin mobil.

"Pekerjaannya sudah termasuk fresh service, light service, dan ada penggantian expansi depan, dan belakang, serta pembersihan evaporator," kata Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com