BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Suryanation

Suryanation Motorland Curi Perhatian Builder Dunia di Motor Bike Expo

Kompas.com - 24/01/2019, 14:00 WIB
Mikhael Gewati,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usai sukses menyelenggarakan kontes custom scene motor di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, Suryanation Motorland kembali menggelar hal serupa.

Namun, kali ini bukan di Tanah Air, tetapi di daratan Eropa. Ya, Tim Suryanation Motorland mengadakan custom contest motor di gelaran Motor Bike Expo 2019 di Verona, Italia, Senin (21/1/2019).

Mirko Perugini dari Gallery Motorcyles “Deeva” pun berhasil merengkuh gelar The Greatest Bike Suryanation Motorland Custom Contest. Mirko yang menggunakan basis motor Harley-Davidson JD tahun 1920 benar-benar tidak menyangka motornya menjadi The Greatest Bike dalam kontes tersebut.

“Saya terkejut karena memenangi kontes,” kata Mirko dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Selasa (22/1/2019).

Perlu diketahui, selain mendapatkan hadiah uang tunai, pemenang The Greatest Bike dalam kontes tersebut akan hadir pula di acara Suryanation Motorland 2019 di Tanah Air.

“Saya juga senang bisa berkunjung kembali ke Indonesia bersama motor saya untuk berbagi inspirasi dengan builder Indonesia,” tambah Mirko.

Suryanation Motorland Committee, Rizky Dwianto mengatakan, motor milik Mirko layak dinobatkan sebagai The Greatest Bike dalam Suryanation Motorland Custom Contest. Ini karena dari segi detail dan pengerjaannya benar-benar disiapkan dengan baik hampir di seluruh bagiannya.

“Motor ini juga mengandalkan mesin H-D Vintage yang sudah tentu menjadi tantangan untuk proses restorasi,” kata dia.

Asal tahu saja, bukan hal mudah bagi Mirko Perugini untuk menjadi The Greatest Bike di kontes tersebut. Selain menghadapi builder-builder terbaik di Motor Bike Expo 2019, ia pun harus melewati penilaian dari 10 dewan juri yang sudah memiliki nama besar dan kompetensi di dunia custom motor tingkat dunia.

TIm Suryanation Motorland sedang berfoto di stand Suryanation Motorland di Gelaran Motor Expo 2019 di Verona, Italia, Senin (21/1/2019).Dok. Suryanation Motorland TIm Suryanation Motorland sedang berfoto di stand Suryanation Motorland di Gelaran Motor Expo 2019 di Verona, Italia, Senin (21/1/2019).
“Meski Suryanation Motorland Custom Contest baru pertama kali diadakan di Eropa, tetapi beberapa tokoh custom motor dunia bersedia menjadi juri dari kontes yang kami selenggarakan. Tentunya ini merupakan kehormatan yang luar biasa bagi kami,” tambah Rizky Dwianto.

Adapun sepuluh nama yang menjadi dewan juri dari Suryanation Motorland Custom Contest, yakni Cory Ness (Arlen Ness Motorcycles), Shinya Kimura (Chabott Engineering), Kirk Taylor (Custom Design Studio), Bimo Hendrawan (Bimo Custombikes), dan Maria Eliot (Eliot Iron Magazine).

Kemudian, Moreno Persello (Bikers Life), Kia Niedrich (Easy Riders Magazine), Onno Wieringa (Photomadness), Minoru Uemura (Vibes Magazine) dan Missy Murphy (Kuryakyn).

Sebagai informasi, total ada 8 kelas yang dipertandingkan di Suryanation Motorland Contest. Delapan di antaranya adalah Championship, Modified Harley, Café Racer, Vintage atau Old School, Best Painting dan Best Engine, serta The Greatest Bike.

Banjir apresiasi

Pelaksanaan Suryanation Custom Contest di gelaran Motor Bike Expo 2019 mendapatkan pula apresiasi dari beberapa media internasional dan builder motor dunia.

Salah satunya adalah Horst Rosler. Builder yang juga fotografer profesional dari majalah Motographer.de asal Jerman ini benar-benar salut dengan Suryanation Motorland.

“Respek tinggi saya berikan untuk Suryanation Motorland yang sudah datang jauh dari benua lain untuk memberikan apresiasi kepada karya builder di Eropa. Apalagi motor dan builder-nya akan dibawa ke Indonesia,” kata Rosler.

Tanggapan positif kehadiran Suryanation Motorland di Motor Bike Expo 2019 diutarakan pula oleh dewan juri Suryanation Motorland Contest, Maria Eliot dari Eliot Iron Magazine.

Menurutnya, selain senang bisa berpartispiasi sebagai juri dalam kontes tersebut, dia bangga pula melihat para peserta yang telah mengikuti Suryanation Motorland Contest.

The Iconic Bike Suryanation Motorland 2018 ?Tosan Adji? berhasil masuk tiga besar The King of Motor Bike Expo 2019 di Verona, Italia.Dok. Suryanation Motorland The Iconic Bike Suryanation Motorland 2018 ?Tosan Adji? berhasil masuk tiga besar The King of Motor Bike Expo 2019 di Verona, Italia.
“Saya apresiasi dengan detail dan kelebihan masing-masing motor karya builder yang sudah berpartisipasi di Suryanation Motorland,” kata dia.

Sementara itu, Shinya Kimura dari Chabbott Engineering mengaku salut kepada Indonesia, karena memiliki event seperti Suryanation Motorland yang konsisten memberikan apresiasi kepada karya builder.

Selain sukses menggelar kontes, partisipasi Suryanation Motorland di Motor Bike Expo 2019 pun menorehkan prestasi atau penghargaan.

“Tosan Adji”, salah satu motor custom yang dibawa ke event tersebut berhasil masuk tiga besar The King of Motor Bike Expo. Iconic Bike Suryanation Motorland 2018 ini mendapatkan pula penghargaan dari Easyriders Magazine.

Sementara itu, Iconic Bike Suryanation Motorland 2017 “Trident” diganjar penghargaan dari Spain Bike Scene. Nama terakhir adalah sebuah motorcylce movement di Spanyol yang bekerja sama dengan Eliot Magazine.

The Iconic Bike Suryanation Motorland 2017 ?Trident? diganjar penghargaan dari Spain Bike Scene di Motor Bike Expo 2019 di Verona, Italia.Dok. Suryanation Motorland The Iconic Bike Suryanation Motorland 2017 ?Trident? diganjar penghargaan dari Spain Bike Scene di Motor Bike Expo 2019 di Verona, Italia.
“Menjadi kebanggaan sendiri bagi Suryanation Motorland karena bisa ambil bagian dari dunia custom motor Eropa. Kami berharap kehadiran Suryanation Motorland di sini juga bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia custom motor di Indonesia,” tutup Rizky.

Nah, bagi Anda pecinta modifikasi motor yang penasaran dengan kegiatan tim Suryanation Motorland dan ingin mengetahui informasi terbaru dari mereka pantau terus Instagram @suryanation_motorland dan website suryanation.id.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com