Mobil "Zaman Now" Enggak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan

Kompas.com - 23/01/2019, 09:02 WIB
Teknologi Dual VVT-i, membuat mesin ini mampu menenggak pelumas dengan tingkat kekentalan (viskositas) 0W-20.TAM Teknologi Dual VVT-i, membuat mesin ini mampu menenggak pelumas dengan tingkat kekentalan (viskositas) 0W-20.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlu diketahui bahwa mobil keluaran terbaru sudah tidak lagi harus memanaskan mesin sebelum mulai jalan. Alasan utama, teknologi yang tersemat sudah lebih canggih dibandingkan model dahulu.

Seperti dijelaskan Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat. Menurut dia, mobil generasi Fuel Injection yang sudah didukung oleh Computerized tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai diinjak gas dalam-dalam.

"Hanya akan membuang-buang bahan bakar saja, karena teknologi mobil zaman sekarang tidak lagi menggunakan karburator," ucap Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Sapta melanjutkan, mesin mobil sekarang ini sudah tersedia Valve Adjuster yang menahan oli tidak langsung turun ke penampungan (carter) sehingga saat mesin bekerja, oli bisa langsung melumasi bagian mesin.

Baca juga: Ketahui Bahaya Tidur di Mobil dengan Mesin dan AC Menyala

Belum lagi, oli dari carter tersebut bisa lebih cepat naik ke mesin karena didukung teknologi oil pump dan oli sekarang pun memiliki viskositasnya lebih baik.

"Jadi untuk menghidupkan mesin, sekarang ini sudah didukung oleh sensor-sensor, seperti temperatur lingkungan, temperatur oli, dan sebagainya sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin," ujar Sapta.




Close Ads X