Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Mobil Bekas Terendam Banjir

Kompas.com - 22/01/2019, 15:24 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com — Pasar mobil bekas bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan mobil idaman. Beberapa kelebihannya antara lain dari segi harga yang kompetitif dan dapat menggunakan mobil dalam waktu singkat tanpa harus menunggu surat-surat kendaraan.

Namun, kondisi mobil kerap jadi pertanyaan. Terlebih di daerah yang kerap dilanda banjir, mengetahui kondisi mobil apakah bekas banjir atau tidak jadi pertimbangan.

"Hal yang paling sering ditanyakan adalah apakah mobil ini bekas banjir atau tidak. Ini cukup penting bagi pelanggan yang ingin membeli mobil bekas melalui platform digital karena mereka khawatir mobil bekas yang mereka inginkan bermasalah saat nanti digunakan," ucap CEO OtoSpector Jeffrey Andika saat ditemui pada Selasa (22/1/2019).

OtoSpector, yang menyediakan layanan pemeriksaan mobil bekas, memiliki empat poin yang harus diperhatikan guna mengetahui apakah mobil tersebut merupakan bekas banjir atau tidak. Poin pertama adalah apakah kabin tercium bau tidak sedap.

Baca juga: Pernah Merasakan Rem Kurang Pakem Usai Libas Banjir

"Tanda pertama itu pasti ada bau apek. Ini karena ada lapisan di bagian bawah mobil yang basah dan tidak sepenuhnya kering. Ini bisa terjadi bahkan pada mobil yang sudah lama terkena banjir," ucap inspektur kendaraan OtoSpector, Fernandes.

Poin lain adalah apakah terdapat korosi atau karat menyeluruh di bagian kabin kendaraan. Ini juga berlaku pada soket-soket elektrik yang biasanya menyebabkan kerusakan saat digunakan.

"Meski pemilik mobil sudah membersihkan atau mencoba mengeringkan, tanda karat ini pasti akan ada. Biasaya di bawah jok atau di balik karpet dasar mobil. Ini kita periksa," ucap Fernandes.

Poin terakhir adalah apakah ada endapan kotoran atau lumpur. Biasanya ini terjadi di tempat-tempat yang tidak wajar, seperti sudut-sudut dan sela interior.

"Kalau dari poin-poin di atas semua ada, besar kemungkinan memang mobil bekas banjir. Tapi kalau hanya satu, perlu pemeriksaan lebih lanjut," ucap Fernandes.

Selain banjir, pemeriksaan lain yang dilakukan juga bisa untuk melihat mobil apakah bekas tabrakan, dan mobil pernah dimodifikasi. Hasil pemeriksaan ini bisa digunakan untuk membeli mobil bekas atau menjadi referensi untuk negosiasi harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com