Hanya Selisih Rp 1 juta, Ini Beda Xenia 1.5 L AT dan Veloz 1.5 L MT

Kompas.com - 17/01/2019, 17:26 WIB
Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu telah melakukan pembaruan pada produk Avanza, Veloz dan Xenia. Ketiga produk ini berbagi desain yang serupa untuk menarik calon konsumen MPV tujuh penumpang.

Dari pembaruan tadi, selisih harga ketiganya cukup mirip. Salah satu yang menarik adalah selisih harga antara Xenia 1.5L Deluxe sebagai varian tertinggi dan Veloz 1.5 L yang merupakan model premium dari Avanza.

Untuk harga Xenia 1.5 R Deluxe AT dibanderol Rp 228 jutaan sedangkan Veloz 1.5 L dibanderol Rp 227 jutaan untuk varian manual. Varian otomatis Veloz 1.5 L dibanderol paling mahal yakni Rp 239 jutaan.

Maka perbandingan diarahkan pada Xenia R Deluxe AT dan Veloz 1.5 L manual. Keduanya punya harga yang berbeda tipis, tapi apa yang didapat oleh konsumen?

Dari eksterior, Xenia tertinggi ini mendapatkan aerokit baru di bagian depan dengan sentuhan hitam doff. Sentuhan krom juga hadir pada list kaca samping, garnish plat di pintu belakang dan stop lamp. Tambahan lain, kehadiran spoiler belakang dengan high mount stop lamp dan aero kit di belakang mempercantik Xenia baru ini.

Baca juga: Simak Detail Perubahan Kabin Xenia Facelift

Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur

Veloz sendiri juga memberikan sentuhan dark chrome pada grile depan. Side skirt desain baru dengan tambahan bodi moulding diberikan untuk bentuk yang lebih besar.

Beranjak ke fitur, kedua mobil sudah menggunakan kaca spion dengan lampu sein LED ditambah kemampuan melipat otomatis untuk kenyamanan saat parkir. Hal yang berbeda adalah Xenia menggunakan ban ukuran 185/70 R14 dengan desain duo tone sedangkan Veloz menggunakan ukuran ban 185/65 R15 dengan desain duo tone.

Masuk ke dalam, Xenia terbaru tidak berbeda dengan saudara kembarnya Avanza. Interior bernuansa cerah dengan paduan warna hitam dan beige diterapkan untuk kabin Xenia.
Veloz hadir dengan desain kabin yang lebih terlihat ekslusif. Warna hitam mendominasi kabin MPV ini.

Dari segi kenyamanan keduanya mendapatkan jok berbahan fabrik, head unit audio layar sentuh dan enam speaker yang tersebar di kabin. Selain itu juga terdapat power outlet dibaris pertama dan kedua dengan tambahan USB port di baris ketiga untuk Veloz.

Perubahan interior Daihatsu Xenia facelift 2019 Perubahan interior Daihatsu Xenia facelift 2019

Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

Beberapa fitur hanya ada di masing-masing model. Misal Xenia punya window jam protection, sensor belakang, dan sensor depan. Veloz hadir dengan smart entry, tombol start stop untuk menyalakan mesin, rear entertainment, dan kamera belakang.

Terakhir, perbedaan paling jelas hadir pada transmisi dimana Xenia mendapat transmisi otomatis 4 percepatan dengan rasio gigi akhir 5.571. Veloz hadir dengan transmisi manual 5 percepatan dengan rasio gigi akhir 4.875.

Keduanya masih menggunakan mesin 1.5 L yang sama dengan tenaga 104 ps / 6.000 rpm dan torsi 13,9 kg.m/4.200 rpm.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X