Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ojek Online Harus Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Kompas.com - 17/01/2019, 13:01 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menghimbau agar para pengendara ojek online bisa menjadi bagian dari pelopor keselamatan berlalu lintas. Hal tersebut agar membantu menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Himbauan tersebut disampaikan Refdi dalam acara rapat koordinasi "Milenial Road Safety Festival" di Gedung NTMC Polri, Kamis (27/2/2019).

"Jadi harus sama-sama menjadi pelopor keselamatan berkendara di jalan raya. Taati semua peraturan dan rambu lalu lintas yang ada," ujar jenderal bintang dua itu kepada awak media.

Sekarang ini, keberadaan ojek online memang masih menjadi perdebatan sejumlah orang. Terlepas dari itu, sangat penting untuk selalu menciptakan suasana aman dan tertib selama berlalu lintas.

Baca juga: Demi Keselamatan, Menhub Minta Ojek "Online" Kurangi Kecepatan

"Kami juga akan menghimbau langsung agar para pengendara ojek online ini ketika berkendara selalu tertib dan jangan melanggar aturan lalu lintas, karena dampaknya juga begitu fatal," ucap Refdi.

Selain karena manusia, penyebab kecelakaan lalu lintas juga bisa disebabkan beberapa faktor seperti kondisi jalan, cuaca, kendaraan serta masih banyak lagi yang lain. Namun, paling utama bisa diatasi dengan cara berperilaku tertib berlalu lintas.

"Terutama generasi milenial yang menjadi penerus kita. Mereka harus peduli terhadap keselamatan berlalu lintas, karena korban kecelakaan lalu lintas juga banyak disumbangkan oleh usia produktif, yaitu 16-35 tahun," ujar Refdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com