Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Biker di Yogyakarta Belajar Safety Riding

Kompas.com - 17/01/2019, 09:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kecelakaan di jalan raya terus meningkat. Dari data Korlantas Polri 75 persen kecelakaan melibatkan pesepeda motor baik sebagai penyebab maupun korban kecelakaan lalu lintas.

Sebagai diler utama di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, Astra Motor Yogyakarta (AMY) terus berusaha menumbuhkan kesadaran keselamatan berkendara. Salah satunya dengan melakukan pelatihan keselamatan berkendara (safety riding) yang berbentuk teori dan praktik kepada pengguna sepeda motor.

Tahun 2018, AMY yang memiliki wilayah kerja Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas berhasil mengadakan pelatihan kepada 14.888 pengendara motor. Marketing Region Head Astra Motor Yogyakarta Jeffry Mei Gamastra Runawang, mengungkapkan pelatihan keselamatan berkendara AMY menyasar semua lapisan masyarakat dan diharapkan terus dilakukan bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Belasan ribu peserta pelatihan keselamatan berkendara tahun lalu memiliki karakter beragam. Mulai dari pelajar, guru, aparat pemerintahan, anggota komunitas, biker, hingga karyawan swasta dan korporasi. Harapannya seluruh elemen dapat membantu mewujudkan lalu lintas aman bagi semua pengguna jalan raya,” ucap Jeffry dalam keterangannya, Rabu (16/1/2019).

Baca juga: Ilmu Baru buat Instruktur Safety Riding AHM

Untuk memberikan edukasi sejak diri kepada para pelajar, AMY memiliki program sekolah binaan safety riding. Hingga 2018, terdapat empat sekolah binaan yang ikut ambil bagian dalam mengenalkan perilaku aman berkendara di jalan raya yang tersebar di Yogyakarta, Wates, Cilacap, dan Imogiri.

“Astra Motor Yogyakarta memiliki komitmen untuk memberikan edukasi kepada segmen pelajar SMA/SMK secara simultan. Salah satunya melalui program sekolah binaan safety riding. Kami proyeksikan di tahun 2019 ini ada penambahan 3 sekolah binaan safety riding sehingga di akhir tahun nanti ada 7 sekolah yang siap untuk berkolaborasi bersama Kami mewujudkan Indonesia Aman Berlalu Lintas.” ujar Jeffry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com