Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales Minta Yamaha Pangkas Dimensi YZR-M1

Kompas.com - 14/01/2019, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales mengeluhkan dimensi YZR-M1 yang jadi tungganganya. Menurut pebalap yang jadi rekan Valentino Rossi ini, motor balapnya memiliki ukuran yang tak sesuai dengan tinggi badannya.

Kondisi tersebut membuat Vinales tidak terlalu nayaman saat mengendarai motornya. Dari sisi postur tubuh, Vinales memang memiliki postur badan yang tak terlalu tinggi, yakni 165 cm, sementara Rossi 180 cm. Karena itu, Vinales pun telah meminta Yamaha untuk memangkas dimensi YZR-M1.

"Dari awal saya sudah meminta Yamaha untuk motor yang lebih kecil karena yang saya kendarai sampai saat ini terlalu besar bagi saya," ucap Vinales yang dilansir dari Motosport.com, Minggu (13/1/2019).

Baca juga: Marquez Tidak Ingin Ikutan Ganti Nomor Balap

Seperti diketahui, Sejak dua musim menginjakan kaki membela Yamaha, Vinales memang tidak mendapat motor yang dirancang sesuai postur tubuhnya. Pebalap asal Spanyol ini terpaksa bertarung menggunakan YZR-M1 yang dibuat mengikuti postur The Doctor.

Vinales tercepat di tes MotoGP 2019crash.net Vinales tercepat di tes MotoGP 2019

Menurut Vinales, saat membela kubu Suzuki dengan motor yang memiliki beberapa tahun lalu, dia merasa lebih fleksibel dalam melakukan manuver. Sedangkan ketika mengendari M1, dia sedikit kusulitan karena faktor dimensi motor yang terlalu besar.

Baca juga: Rossi Pasrah Bila Yamaha Fokus ke Vinales

Selain meminta Yamaha untuk meringkaskan ukuran M1, Vinales juga akan mengajukan beberapa permintaan teknis lainnya. Menurut Vinales, kini dirinya berhak untuk lebih menekan masalah teknis karena telah membantu Yamaha kembali berprestasi.

"Sulit untuk mengubah motor secara keseluruhan, tetapi jika mempertimbangakan mesin, beberapa detail, dan sisi aerodinamika, saya pikir perbedaanya bisa sangat penting," kata Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com