Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bersyukur Jualan Avanza Teratas Meski Banyak Rival

Kompas.com - 12/01/2019, 07:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana peluncuran pembaruan Avanza menjadi tanda positif dari Toyota terkait segmen MPV. Produk yang dikenalkan 2003 lalu itu selalu berada di posisi teratas dari produk sejenis.

Terkait hal ini, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan, pasar MPV masih jadi yang terbesar dari segmen lain di Indonesia. Meski belakangan pasar ini terbilang stagnan.

"Pasar MPV itu kalau di Indonesia meski kita bilang stagnan angka komposisinya besar sekali. Sekitar 40 sekian persen adalah MPV. Jadi kalau angka itu di Indonesia MPV masih menjadi pilihan utama masyarakat, meski diakui segmen SUV juga terus meningkat ke depannya," ucap Henry saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dari data Gaikindo, hingga November 2018 Avanza masih menjadi yang terbanyak dipilih konsumen. Total 75.496 unit didistribusikan ke masyarakat.

Baca juga: Komentar Pedagang Mobil Bekas Soal Avanza-Xenia Baru

Padahal, sejak 2017 semakin banyak rival yang bermunculan di segmen ini. Sebut saja Xpander, Ertiga, dan Confero. Namun kehadiran rival-rival ini tidak sepenuhnya berhasil menggeser Avanza dari posisi teratas.

"Kita juga di tengah pasar pemain bertambah, tapi kita sangat bersyukur Avanza kita masih jadi pilihan utama di 2018," ucap Henry.

Untuk diketahui, Xpander yang hadir 2017 lalu untuk periode Januari sampai November 2018 terdistribusi sebanyak 70.679 unit. Untuk Ertiga di periode yang sama tercatat sebanyak 29.249 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com