Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sembra Una Vespa", Tampak Seperti Tawon

Kompas.com - 11/01/2019, 18:12 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa sengatan tawon di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sepanjang 2017-2018 telah menewaskan tujuh orang. Jenis tawon mematikan itu, yakni Vespa Affinis atau warga lokal menyebutnya Tawon Endhas.

Dalam dunia otomotif, ada satu merek skuter asal Italia yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ya, Vespa, yang secara bahasa Italia memiliki arti lebah atau tawon.

Melansir laman wikipedia, Jumat (11/1/2019) skuter ini pertama kali diproduksi pada 23 April 1946 di Florence, Italia. Diberi nama Vespa, karena bentuknya yang melengkung menyerupai binatang tawon atau lebah.

Tawon Vespa affinisJudy Gallagher via Wikimedia Commons Tawon Vespa affinis

Awalnya nama skuter ini bukan Vespa, melainkan prototipe pertama diberinama MP5. Motor ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik. Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio mengatakan sebagai motor Paperino, karena bentuknya yang aneh.

Baca juga: Minat Boyong Vespa 946, Siap-siap Gigit Jari

Perlu diketahui bahwa Paperino itu adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck.

Ketika itu Enrico Piaggio melihat prototipenya tidak suka dan meminta Corradino D’Ascanio untuk merancang ulang motor tersebut. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, dia mendengar suara dengung diputaran mesinnya seketika itu pula dia mengatakan “Sembra Una Vespa” (tampaknya seperti Tawon).

Akhirnya dari ungkapan tak sengaja itu, diputuskan kalau motor tersebut diberinama Vespa dan sampai sekarang merupakan skuter ikonik asal Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com