Hadapi Tahun Politik, Kawasaki Tambah Target

Kompas.com - 11/01/2019, 10:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah produsen otomotif baik itu roda dua atau lebih, ada yang menilai bahwa tahun politik tidak akan berdampak negatif terhadap industri. Secara penjualan unit, diprediksi kurang lebih mirip seperti tahun lalu.

Kondisi itu juga diprediksi oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sebagai agen pemegang merek (APM) motor Kawasaki di Tanah Air. Menurut Deputy Head & Sales Promotion KMI Michael C Tanadi, secara pasar diinginkan tumbuh, tetapi jika dalam kondisi buruk pun akan sama seperti kondisi 2018.

"Konsumen pun tidak akan menunda untuk membeli motor, terutama mungkin yang motor hobi akan sedikit melihat situasi," ucap Michael ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (10/1/2019).

Tahun ini, lanjut Michael Kawasaki menargetkan total penjualan selama 12 bulan ke depan sekitar 80.000 unit. Target tersebut sedikit meningkat jika dibandingkan pencapaian tahun lalu, yang tembus 79.000 unit.

Baca juga: Awal Pekan Depan Kawasaki Luncurkan Motor Sport Baru

"Tumbuh sedikit, tetapi tren kami memang seperti itu setiap tahun selalu tumbuh. Komparasi dari 2017 ke 2018 juga tumbuh juga meskipun sedikit, dari 79.000 unit sekian menjadi 78.000 unit sekian," ujar Michael.

Menurut Michael, kebutuhan masyarakat terhadap motor masih tinggi meskipun di awal semester ada pemilihan presiden. Akan tetapi, untuk segmen motor harian sepertinya tidak terganggu oleh situasi politik.

"Karena masyarakat memang membutuhkan motor untuk aktivitas sehari-harinya," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.