Jualan Mobil Bekas Lewat Balai Lelang Mulai Dilirik

Kompas.com - 10/01/2019, 12:42 WIB
Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018BidWin Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang jadi salah satu cara untuk mendapatkan mobil bekas incaran dengan kondisi harga bersaing. Belakangan, balai lelang bertumbuh banyak menawarkan proses lelang kepada calon konsumen.

Ini terlihat dari data yang diberikan PT Adi Sarana Lelang (balai lelang BidWin). Sepanjang 2018 lalu sebanyak 16.924 unit mobil bekas dan 9.512 unit motor bekas berhasil terjual melalui proses lelang. 

Hasil ini naik 34 persen dari capaian 2017 yang menjual 11.055 unit mobil bekas dan 2.017 unit motor bekas. 

“Peningkatan penjualan melalui sistem lelang membuktikan peningkatan tingkat kepercayaan dan edukasi masyarakat terhadap lelang otomotif. Selain itu motor dan mobil bekas masih punya pasar luas di Indonesia,” ucap CEO BidWin Deny Gunawan dalam keterangan resmi, Kamis (10/1/ 2019).

Baca juga: lelang Bus Mulai Rp 1 untuk Bantu Bencana Palu

Hal senada juga diungkapkan Presiden Direktur Ibid- Balai Lelang Serasi, Daddy Doxa Manurung. Pasar lelang mobil bekas bertumbuh meski terbilang kecil.

“Kemarin 2018 ditutup sekitar 24.000-an, naik sekitar 4.000-an unit dari 2017. Pertumbuhannya kecil tapi optimis ke depannya masih bisa bertumbuh,” ucap Daddy yang dihubungi, Kamis (10/1/2019).

Menurut Doddy tantangan yang dihadapi tahun lalu adalah banyaknya pola promo potongan harga yang diterapkan pada produk mobil baru. Ini membuat pasar mobil bekas beririsan tipis secara harga dengan produk mobil baru tersebut.

Di sisi lain, kebiasaan untuk mendapatkan mobil bekas melalui lelang juga belum terlalu banyak. Ini membuat tantangan di masa depan bagi penyelenggara lelang untuk memperkenalkan proses lelang semakin luas.

Baca juga: Apa Untungnya Titip Jual Mobil Bekas di Balai Lelang?

“Selain itu ada juga pertumbuhan balai lelang khusus otomotif. Ini jadi tantangan ke depan. Pengenalan balai lelang di tahun ini bisa diperluas hingga ke daerah-daerah. Selama ini di Jakarta paling banyak pengadaan lelangnya. Kita targetkan tahun 2019 tumbuh 15 persen,” ucap Daddy.

Ini juga diamini data Bidwin dimana Jakarta masih menjadi kota yang paling banyak menjual mobil dan motor bekas, disusul Surabaya, dan Semarang untuk pulau Jawa. Lalu di luar pulau Jawa ada Makassar, Palembang dan Medan.

“2019 kita tengah siapkan strategi bisnis dengan meningkatkan layanan dan unit yang ditawarkan. Kita sedang mempersiapkan strategi baru yang akan kita kenalkan pada kuartal pertama tahun ini,” ucap Gunawan.



Close Ads X