Tahun Politik, Toyota Optimistis Otomotif Tetap Bergairah

Kompas.com - 09/01/2019, 16:02 WIB
All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali tahun 2019, Toyota langsung menggebrak dengan mendatangkan All New Camry. Meski tahun ini dibarengi dengan adanya pemilu legislatif dan pemilihan presiden, nampak Toyota tetap optimistis dengan kondisi pasar tahun ini.

Ini dijelaskan Wakil Presiden PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto. Menurutnya tahun politik tidak banyak berpengaruh pada pasar otomotif.

“Kalau kita lihat Pilpres yang dulu-dulu tidak terlalu banyak pengaruh. Kalau untuk tahun ini harapannya market tetap tumbuh positif. Ekonomi kita meningkat juga kan di 2020 mendatang,” ucap Henry saat ditemui Selasa (8/1/2019).

Henry percaya Toyota bisa mempertahankan posisi di pasar otomotif Indonesia untuk 2019. Ia memperkirakan pasar tumbuh 5 persen dengan mempertahankan market share seperti tahun lalu di angka 31 persen.

Impresi Perdana Toyota All New Camry [VIDEO]

Henry mengungkapkan, dirinya yakin tahun ini ekonomi Indonesia akan mengalami peningkatan dibandingkan 2018. Faktor yang dilihat adalah nilai tukar, inflasi dan suku bunga.

Menurut Henry, GDP Indonesia akan terus tumbuh lebih baik dari tahun lalu. Meski ada kehati-hatian dari harga komoditas yang sempat menurun tahun lalu lalu kemudian stabil kembali.

“Faktor ini yang kita lihat, nilai tukar, inflasi, dan interest rate. Tahun ini rasanya kita masih optimis pasar akan tumbuh meski sepertinya tidak signifikan,” ucap Henry.




Close Ads X