Kompas.com - 07/01/2019, 16:22 WIB
Ilustrasi paddle shift Ilustrasi paddle shift
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain cruise control, bagi pemilik mobil yang telah dilengkapi dengan paddle shift juga menjadi kelebihan tersendiri saat melintasi ruas tol Trans Jawa. Keberadaan fitur ini memungkinkan pengemudi memiliki kendali untuk mengatur perpindahan gigi sesuai kebutuhan pada mobil bertransmisi otomatis.

Dari segi fungsi, paddle shift berguna sebagai tuas perpindahan gigi pada persneling. Namun penempatanya berada di balik kemudi yang membuat pengendara lebih mudah untuk mengakses tanpa kedua tangan melepas kemudi.

Buat sebagian orang, menggunakan paddle shift memberikan sensasi tersendiri layaknya pebalap Formula 1 yang sedang beraksi di lintasan balap.

Menurut Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, penggunaan paddle shift memberikan efek fun to drive bagi pengendara karena mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Melintas Tol Trans Jawa Bisa Maksimalkan Fitur Cruise Control

"Paddle shift bentuknya berupa tuas yang ada di belakang kemudi, sebelah kiri (-) berguna untuk menurunkan gigi, sementara sebelah kanan (+) untuk memindahkan transmisi ke posisi lebih tinggi. Aksesnya bisa dilakukan dengan jari tanpa melepas gagang kemudi sehingga pengendalian tetap terjaga," ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (7/1/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi XpanderMMKSI Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander
Untuk penggunaan paddle shift di ruas tol Trans Jawa, menurut Didi bisa dimanfaatkan pengendara saat akan menyalip kendaraan lain. Saat membutuhkan akselerasi lebih, pengendara bisa dengan sigap menurunkan transmisi agar putaran mesin lebih responsif.

Tidak hanya urusan mendapat akselerasi saja, adanya paddle shift juga bisa membantu mereduksi laju mobil ketika terjadi situasi yang darurat. Salah satunya seperti ketika melakukan pengereman mendadak.

"Saat terjadi situasi yang mengharuskan mobil berhenti secara mendadak bisa dibantu dengan engine brake melalui kontrol di paddle shift. Jadi selain mengerem, pengendara akan lebih mudah melakukan engine brake," ucap Didi.

Hal yang perlu diingat, meskipun fun to drive saat menggunakan fitur ini, pengemudi harus tetap menjaga batas maksimal kecepatan saat melintas di jalan bebas hambatan. Selain itu, jaga jarak aman dengan kendaraan lain, serta tetap memperhatikan adab keamanan saat menyalip mobil di depan.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X