Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beraksi Layaknya Pebalap F1 di Ruas Tol Trans Jawa

Kompas.com - 07/01/2019, 16:22 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain cruise control, bagi pemilik mobil yang telah dilengkapi dengan paddle shift juga menjadi kelebihan tersendiri saat melintasi ruas tol Trans Jawa. Keberadaan fitur ini memungkinkan pengemudi memiliki kendali untuk mengatur perpindahan gigi sesuai kebutuhan pada mobil bertransmisi otomatis.

Dari segi fungsi, paddle shift berguna sebagai tuas perpindahan gigi pada persneling. Namun penempatanya berada di balik kemudi yang membuat pengendara lebih mudah untuk mengakses tanpa kedua tangan melepas kemudi.

Buat sebagian orang, menggunakan paddle shift memberikan sensasi tersendiri layaknya pebalap Formula 1 yang sedang beraksi di lintasan balap.

Menurut Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, penggunaan paddle shift memberikan efek fun to drive bagi pengendara karena mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Melintas Tol Trans Jawa Bisa Maksimalkan Fitur Cruise Control

"Paddle shift bentuknya berupa tuas yang ada di belakang kemudi, sebelah kiri (-) berguna untuk menurunkan gigi, sementara sebelah kanan (+) untuk memindahkan transmisi ke posisi lebih tinggi. Aksesnya bisa dilakukan dengan jari tanpa melepas gagang kemudi sehingga pengendalian tetap terjaga," ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (7/1/2019).

Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi XpanderMMKSI Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander
Untuk penggunaan paddle shift di ruas tol Trans Jawa, menurut Didi bisa dimanfaatkan pengendara saat akan menyalip kendaraan lain. Saat membutuhkan akselerasi lebih, pengendara bisa dengan sigap menurunkan transmisi agar putaran mesin lebih responsif.

Tidak hanya urusan mendapat akselerasi saja, adanya paddle shift juga bisa membantu mereduksi laju mobil ketika terjadi situasi yang darurat. Salah satunya seperti ketika melakukan pengereman mendadak.

"Saat terjadi situasi yang mengharuskan mobil berhenti secara mendadak bisa dibantu dengan engine brake melalui kontrol di paddle shift. Jadi selain mengerem, pengendara akan lebih mudah melakukan engine brake," ucap Didi.

Hal yang perlu diingat, meskipun fun to drive saat menggunakan fitur ini, pengemudi harus tetap menjaga batas maksimal kecepatan saat melintas di jalan bebas hambatan. Selain itu, jaga jarak aman dengan kendaraan lain, serta tetap memperhatikan adab keamanan saat menyalip mobil di depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com