Ini Sebab "Headlamp" Mobil Berembun di Musim Hujan

Kompas.com - 06/01/2019, 09:14 WIB
Lampu utama atau headlam yang terlihat kusam team-bhp.comLampu utama atau headlam yang terlihat kusam

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim penghujan di awal tahun, perhatian perlu diberikan pada kondisi mobil. Beberapa bagian yang kerap jadi perhatian antara lain adalah mesin, ban dan kondisi kaca.

Namun ada satu bagian pada mobil yang tidak boleh terlupakan untuk diperiksakan kondisinya yakni pada lampu utama atau headlamp.

Pemilik bengkel lampu Saka Motor di kawasan MGK Kemayoran, Samsul, mengungkapkan kondisi lampu utama penting dilakukan pemeriksaan di musim hujan. Alasannya, kondisi lampu bisa terkena embun dan mengurangi kemampuan memberikan cahaya terang.

“Biasanya karena tidak pernah dicek, kondisi lampu itu berembun. Selama ini kering tidak ada masalah, lalu hujan dia bisa embun. Nah ini perlu diperhatikan dan diperiksa,” ucap Samsul saat ditemui beberapa waktu lalu.

Embun pada lampu utama biasanya terjadi karena ada rongga pada rumah lampu. Rongga ini dapat terjadi karena sil udara merenggang, bisa karena usia atau kebiasaan.

Baca juga: Jawaban Mitsubishi Soal Posisi Headlamp Xpander

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat lampu menyala, panas dari lampu akan membuat perbedaan suhu pada ruangan dalam rumah lampu dan luar lampu yang biasanya lebih dingin karena air hujan. Ini kemudian menyebabkan timbulnya embun.

“Nah kebiasaannya merenggang itu bisa karena parkir di luar atau kendaraannya banyak di taruh di luar saat panas matahari. Lalu cara menghilangkannya rumah lampu harus dicopot, dibersihkan dan dipasang kembali sil kedap udaranya,” ucap Samsul.

Samsul mengatakan kasus yang kerap ditemui selain embun adalah air sudah menggenangi ruang dalam lampu utama. Jika seperti ini mau tidak mau pemilik kendaraan tidak boleh menyalakan lampu.

“Harus dibongkar dan dibuang airnya. Lalu dibersihkan,” ucap Samsul.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X