Malam Tahun Baru, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Dialihkan

Kompas.com - 31/12/2018, 07:02 WIB
Suasana pesta kembang api pada malam tahun baru 2018 di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Minggu(31/12/2017). ANTARA FOTO / WAHYU PUTRO ASuasana pesta kembang api pada malam tahun baru 2018 di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Minggu(31/12/2017).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018), jajaran Polda Metro Jaya siap melakukan rekayasa lalu lintas. Ada beberapa ruas jalan yang akan ditutup dan dialihkan, terutama pada lokasi Car Free Night (CFN) yang bertempat di Jalan Sudirman-Thamrin.

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, proses pengalihan arus lalu lintas dalam upaya melakukan rekayasa akan dimulai dari kawasan Simpang Patung Kuda sampai dengan Bundara Hotel Indonesia.

"Dalam menyongsong malam pergantian tahun baru 2019, mulai dari Simpang Patung Kuda sampai Bundaran Hotel Indonesia akan digelar CFN. Pengalihan arus lalu lintas dimulai pukul 17.00 WIB sampai selesai," ucap saat dikonfirmasi, Minggu (30/12/2018).

Baca juga: Akhir Tahun, Samsat DKI Buka Sampai 21.00 WIB

Untuk mengantisipasi, Budiyanto mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perayaan malam tahun baru di hotel atau gedung sekitar kawasan Sudirman-Thamrin untuk datang lebih awal.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, menjelaskan bila proses rekayasa lalu lintas dilakukan untuk tetap menjaga kelancaran sekaligus mensterilkan lokasi acara CFN.

Suasana pesta kembang api saat malam tahun baru 2018 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/1/2018). Sejumlah warga ibukota dan sekitarnya memadati kawasan itu untuk merayakan malam pergantian tahun 2017 ke 2018.ANTARA FOTO / HAFIDZ MUBARAK A Suasana pesta kembang api saat malam tahun baru 2018 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/1/2018). Sejumlah warga ibukota dan sekitarnya memadati kawasan itu untuk merayakan malam pergantian tahun 2017 ke 2018.
“Dengan memperhatikan situasi di lapangan. Penutupan dimaksud untuk mengkondisikan sekaligus mensterilkan situasi lokasi acara dari kendaraan bermotor,” kata Sigit.

Untuk penutup dan pengalihan ruas jalan diberlakukan mulai dari Jalan Majapahit sisi Timur, Jalan Museum, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Kebon Sirih, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Kebon Kacang, Jalan Teluk Betung, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tanjung Karang, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sunda, Jalan Medan Merdeka Utara, dan Jalan Veteran III.

Berikut rekayasa lalu lintasnya ;

- Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri, ke Jalan Juanda.
- Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan veteran III diluruskan ke traffict light Harmoni.
- Arus lalu lintas dari Jalan Katedral menuju Jalan Veteran Raya dibelokkan ke kanan, ke Jalan DR Soetomo.
- Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan, ke Jalan Perwira.
- Arus lalu lintas dari Ridwan Rais yang akan menuju Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Merdeka Timur.
- Arus lalu lintas dari Jalan Agus Salim yang akan belok ke kiri ke Jalan Kebon Sirih dibelokkan ke kanan ke Jalan Kebon Sirih arah Tugu tani.
- Arus lalu lintas dari Jalan Agus Salim yang akan belok kiri ke Jalan KH Wahid Hasyim dibelokkan ke kanan ke Jalan Wahid Hasyim arah Tugu Tani.
- Arus lalu lintas dari Jalan imam Bonjol menuju Bundaran HI dibelokkan ke kanan ke Jalan Agus Salim.
- Arus lalu lintas dari Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Kendal diluruskan kembali ke Jalan Jendral Sudirman.
- Arus lalu lintas dari Jalan Jendral Sudirman menuju Bundaran HI di belokkan ke kiri ke Jalan Galunggung.
- Arus lalu lintas dari Jalan Galunggung yang akan naik ke Jalan Jenderal Sudirman diluruskan ke Jalan Margono Johar Kusumo.
- Arus lalu lintas dari Jalan Teluk Betung yang akan menuju Jalan Jendral Sudirman diarahkan untuk berputar balik.
- Arus lalu lintas dari Jalan KH Mas Mansyur yang akan belok ke kiri ke Jalan Kebon Kacang diluruskan ke Jalan KH Mas Mansyur arah Karet.
- Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan menuju Jalan KH Wahid Hasyim diluruskan ke Jalan KH Mas Mansyur.
- Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Kebon Sirih diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Jatibaru yang akan menuju Jalan Kebon Sirih dibelokkan kiri ke Jalan Abdul Muis atau dibelokkan kanan ke Jalan Fachrudin.
- Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.
- Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang 2 yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan.
- Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke jalan Majapahit.
- Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryopranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X