Dilarang Modifikasi Bentuk Kabin Selama Perjalanan Jauh - Kompas.com

Dilarang Modifikasi Bentuk Kabin Selama Perjalanan Jauh

Kompas.com - 29/12/2018, 08:22 WIB
Pemudik ubah kabin mobil jadi kasur berjalan. Prilaku ini tidak disarankan kapanpun dilakukan, baik saat mudik ataupun tidak.FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Pemudik ubah kabin mobil jadi kasur berjalan. Prilaku ini tidak disarankan kapanpun dilakukan, baik saat mudik ataupun tidak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara ke luar kota bisa jadi pilihan pemilik kendaraan selama libur panjang Natal dan tahun baru. Tidak terkecuali berkendara di ruas tol yang sudah diresmikan.

Namun ada beberapa kebiasaan pemilik kendaraan, terutama yang berpergian bersama keluarga dan anak kecil, kerap memodifikasi kendaraannya.

"Biasanya mereka memodifikasi kabin kendaraan, dengan menggelar tempat tidur selama perjalanan. Biasa ini agar si anak nyaman," ucap praktisi keselamatan dari Safety Driving Sony Susmana saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Sony menjelaskan, ubahan kondisi kabin ini dapat membuat efek yang tidak diperkirakan apabila kendaraan terlibat kecelakaan. Bisa jadi justru perubahan kabin ini menimbulkan kecelakaan yang lebih parah, bisa malah fatal.

Baca juga: Viral Video Kecelakaan di Tol, Ingat Berkendara Aman di Perjalanan

Sony menyarankan, meski masih anak-anak, tetap wajib duduk di jok kendaraan dengan baik dan benar. Maksudnya, duduk tenang dengan menggunakan sabuk pengaman meski di baris kedua.

Jika anak terlalu kecil, car seat bisa jadi solusi. Penggunaannya sudah dianjurkan oleh produsen kendaraan.

"Soal lelah, pengemudi bisa mengatur perjalanan serta komunikasikan dengan seluruh anggota keluarga untuk menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Atur waktu untuk bergantian menyetir dan berisitriahat di rest area," ucap Sony.



Close Ads X