Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regulasi Baru MotoGP, Musim Depan Bakal Lebih Seru

Kompas.com - 28/12/2018, 10:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber gpone

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim 2019 mendatang, pebalap MotoGP akan mendapatkan beberapa penambahan aturan baru di balap roda dua tersebut. Salah satunya adalah penggunaan satu jenis ECU (Electronic Control Unit) yang sama di semua motor.

Kondisi ini menjadi pertanyaan para pemerhati MotoGP mengenai bagaimana performa para pebalap di musim depan. Salah satunya menanyakan kepada Jorge Lorenzo yang baru pindah dari Ducati ke tim Honda musim depan.

“Apakah perpindahan Lorenzo ke Honda akan mengubah RC213-V menjadi motor yang tidak terkalahkan? Apakah ia akan menjadi kunci elemen yang meningkatkan kesempatan untuk bersaing dengan para rival?” tanya seorang pemerhati MotoGP di akun Twitter Lorenzo seperti dikutip dari GP One, Jumat (28/12/2018).

Lorenzo pun tidak segan membalas komentar ini melalui akun pribadinya. Menurutnya musim depan akan sangat menarik dengan kehadiran ECU yang sama di semua tim.

Baca juga: Lorenzo Berniat Pensiun Sebelum Dapat Tawaran Honda

“Dengan satu ECU tidak akan lagi motor yang tidak terkalahkan dari tiap pabrikan. Berbeda dengan F1. Saat ini sangat sulit untuk melihat perbedaan dari sisi teknis. Pebalap akan jadi kunci vital dan tidak hanya dari cara berkendara,” ucap Lorenzo.

Lorenzo menggambarkan, kemenangan satu dua dari setiap tim akan sangat sulit dilakukan seperti lima atau sepuluh tahun lalu tanpa ECU yang sama. Penggambarannya dari dunia F1, saat ini Mercedes mendominasi, seperti saat Ferrari mendominasi beberapa waktu lalu di era Schumacher.

Regulasi ECU menjadi salah satu regulasi baru di MotoGP 2019. Dikatakan ECU dan IMU akan dibatasi menggunakan CAN decoupler resmi yang tidak bisa dimodifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber gpone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com