Kompas.com - 27/12/2018, 13:44 WIB
Mobil menerobos abu vulkanis dari letusan Gunung Kelud. Antara JatimMobil menerobos abu vulkanis dari letusan Gunung Kelud.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Abu vulkanik memiliki material yang beda jika dibandingkan dengan abu biasa. Secara kasat mata punya permukaan lebih kasar karena berbentuk partikel berupa potongan kecil batuan bergigi, mineral dan kaca vulkanik.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, karena memiliki sifat seperti itu maka cara membersihkannya tidak boleh langsung di lap, tetapi harus diimbangi dengan penggunaan air yang mengalir.

"Agar tidak menimbulkan baret pada bagian bodi dan juga pada permukaan kaca," ucap Sapta ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (27/12/2018).

Sementara itu, Bambang Sulistiyanto, Body & Paint Service Head Auto2000 Bekasi Timur mengatakan bahwa secara material tidak berbahaya untuk cat mobil, tetapi tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

Baca juga: Efek Abu Vulkanis, Mobil Bisa Karatan dan "Ngebul"

"Kalau dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan flek yang bisa terpenetrasi ke dalam cat itu sendiri," kata Bambang ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (27//12/2018).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bambang menjelaskan, jika sudah terpenetrasi seperti itu langkah awal bisa dicuci sampai benar-benar hilang. Tetapi, apabila bercak abu tidak hilang maka harus dilakukan pemolesan.

"Kalau tetap tidak bisa juga, sambil dilakukan pemanasan terlebih dulu menggunakan alat khusus atau alat pengering khusus," ujar Bambang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X