Lalu Lintas Kedua Arah di Cikarang Masih Tinggi

Kompas.com - 27/12/2018, 08:42 WIB
Gerbang Tol Cikarang Utama menjelang puncak arus balik, Jumat (30/6/2017).KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Gerbang Tol Cikarang Utama menjelang puncak arus balik, Jumat (30/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus balik liburan mulai terasa sejak hari raya Natal, Selasa (25/12/2018). PT Jasa Marga (Persero) mencatat adanya peningkatan volume lalu lintas yang signifikan untuk kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Tercatat total 85.827 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah tersebut meningkat 59,4 persen dari volume lalin harian normal sebanyak 53.849 kendaraan," kata Senior Specialist Corporate Communication Jasa Marga Irra Susiyanti, dalam keterangan resminya, Rabu (26/12/2018).

Tidak hanya di pintu Cikarang Utama, peningkatan lalu lintas menuju Jakarta juga terpantau naik drastis dari sejumlah gerbang tol yang sebelumnya menjadi destinasi favorit, yakni Pasteur dan Ciawi.

Baca juga: Pesan Jasa Marga Bagi Pengguna Ruas Tol Trans Jawa

Pada gerbang tol Pasteur tercatat 33.284 kendaraan yang melintas ke arah Jakarta. Jumlah tersebut naik 22,5 persen dari lalu lintas normal yang biasanya hanya 27.177 kendaraan.

Sementara untuk Ciawi di Tol Jagorawi, jumlah kendaaraan diklaim meningkat 70,3 persen, atau totalnya mencapai 35,992 kendaraan yang melintas menuju arah Jakarta pada Natal lalu.

Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kota Bekasi, Jumat (21/12/2018).KOMPAS.com/DEAN PAHREVI Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kota Bekasi, Jumat (21/12/2018).
Meski arus balik dinilai sudah cukup signifikan, namun jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta juga terpantau masih padat. Tercatat 68.502 kendaraan meninggalkan Jakarta dari Cikarang Utama, atau berkembang 30,4 persen dari volume normal, yakni 52.515 kendaraan.

"Kami menghimbau pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan balik untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol," ucap Irra.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X