Persiapan Perjalanan Panjang Kembali ke Ibu Kota Setelah Libur

Kompas.com - 26/12/2018, 08:22 WIB
Honda CR-V Turbo Melintas Tol Trans Jawa dok.HPMHonda CR-V Turbo Melintas Tol Trans Jawa

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan panjang di musim liburan Natal dan tahun baru tidak lepas dari pilihan kendaraan roda empat sebagai alat transportasi. Terlebih dengan tawaran rute baru via tol Trans Jawa yang baru saja diresmikan, membuat masyarakat semakin bersemangat untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi.

Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengingatkan, beberapa hal yang kerap tidak diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Baik saat berangkat namun juga ketika hendak kembali ke Ibu Kota.

“Persiapkan kendaraan secara menyeluruh berikut komponennya. Ban terpenting, kondisi mesin dan tools pendukung apabila terjadi masalah dalam perjalanan yang panjang,” ucap Sony saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Kondisi ban wajib diperiksa setelah perjalanan jauh, bahkan setiap sebelum menggunakan kendaraan. Pastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi ban yang disarankan produsen ban termasuk pada ban cadangan.

Baca juga: Ojek Online Harus Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan Raya

Berkendara dengan tekanan ban kurang dapat membuat kestabilan kendaraan berkurang. Lebih parah dapat membuat ban meledak di perjalanan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peralatan dalam kondisi darurat kerap dilupakan pemilik kendaraan. Kunci-kunci untuk membuka baut ban, segitiga pengaman untuk kondisi darurat, tali tambang, dongkrak, kunci roda, kabel jumper, termasuk ban cadangan wajib diperiksa keberadaannya.

“Alat pemadam api ringan, dan juga kotak P3K bisa juga dimasukkan dalam daftar. Keberadaannya bisa saja dibutuhkan untuk diri sendiri maupun orang lain,” ucap Sony.

Terakhir, kondisi mesin wajib menjadi perhatian. Cek volume oli dan cairan di kompartemen mesin seperti minyak rem, radiaotor atau cairan aki sesuai dengan ukurannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X