Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan dengan Mobil, Ingat Lagi Cara Melintas di Jalan Menanjak

Kompas.com - 25/12/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang berlibur ke luar kota menggunakan mobil pribadi, wajib mengutamakan keamanan dan keselamatan selama di jalan raya. Terutama jika melintas di jalan menanjak harus lebih hati-hati lagi.

Sebab, belakangan ini tidak sedikit kejadian mobil yang tidak bisa menanjak sampai akhirnya turun lagi dan menabrak mobil di belakang.

Agar tidak terjadi hal seperti itu, maka para pengemudi harus lebih paham membaca kondisi jalan dan juga mobil. Seperti dijelaskan Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso. Menurut dia, paling utama perlu diketahui seberapa tingkat kemiringan jalan tersebut.

"Jika tidak terlalu menanjak, maka bisa melaju dengan perseneling posisi kedua atau ketiga," ujar Suparman kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Jaga Mobil Tidak Melorot saat Libas Tanjakan Curam

Lain dengan jalan yang sangat menanjak, maka diwajibkan menggunakan gigi satu agar mobil bisa berjalan dengan lancar sampai di atas.

Suparman melanjutkan, untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist sedikit membantu, karena ketika menghadapi jalan menanjak kemudian macet bisa lebih mudah. Berkat fitur tersebut, mobil tidak bisa mundur, karena dibantu oleh teknologi tersebut.

“Fungsi fitur itu untuk mencegah kendaraan bergerak mundur saat kendaraan mulai bergerak di jalan menanjak,” ujar Suparman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com