Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Lakukan Ini jika Pergi Jauh Menggunakan Mobil

Kompas.com - 23/12/2018, 14:15 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhir tahun seperti sekarang ini banyak masyarakat yang berlibur bersama keluarga. Selain transportasi umum, tak sedikit juga pergi ke suatu tempat menggunakan mobil pribadi.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum pergi, salah satunya mengecek kondisi kendaraan dan memastikan pengemudi dalam keadaan sehat. Selain itu, ada juga faktor lain untuk dapat memperlancar perjalanan.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, terkadang ketika melakukan perjalanan jauh seperti melintas di jalan tol, pengemudi atau penumpang menjadi cepat mengantuk.

Oleh sebab itu, diwajibkan sesekali membuka jendela untuk mendapatkan udara yang lebih segar sehingga sopir tidak cepat mengantuk.

Baca juga: Simak Prediksi Puncak Arus Liburan Natal dan Tahun Baru

"Sirkulasi udara di dalam kabin bisa berganti, sehingga seluruh penumpang dan sopir akan merasa lebih segar lagi," kata Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Kepadatan kendaraan pemudik jelang memasuki rest area Tol  Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+ 7 Lebaran.MAULANA MAHARDHIKA Kepadatan kendaraan pemudik jelang memasuki rest area Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+ 7 Lebaran.

Selain itu, menurut Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, sebaiknya ketika melakukan perjalanan jauh, wajib istirahat setiap 2 jam sekali dalam waktu 15-30 menit.

"Tetapi jika sebelum itu sudah lelah, sebaiknya segera istirahat dan kembali lanjutkan perjalanan jika sudah tidak lelah lagi," kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Nah, jadi buat Anda yang sedang atau ingin pergi ke luar kota menggunakan mobil pribadi, sebaiknya bisa melakukan hal ini agar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com