Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Sejuk, AC Mobil Juga Wajib Sehat

Kompas.com - 21/12/2018, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dari beragam fitur yang ada di kabin mobil, pendingin udara atau air conditioner (AC) selalu menjadi utama dalam menunjang kenyamanan berkendara. Fungsinya sebagai penyejuk kabin seakan sudah menjadi kebutuhan dasar saat berkendara.

Meski demikian, sayang sampai saat ini sebagai besar pemilik mobil hanya berkonsentrasi seputar tingkat kesejukan dari AC, bukan pada kualitas udara yang dihasilkan. Padahal menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Salemba, dengan AC yang sehat sudah tentu udara yang dihasilkan akan sejuk, namun tidak sebaliknya.

“AC yang sekadar dingin saja belum tentu bersih karena kualitas udara yang dihembuskan sangat berpengaruh pada komponen-komponen lainnya. Contoh seperti filter AC atau biasa disebut juga filter kabin,” kata Suparna beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Baca juga: Kenali Komponen Vital pada AC Mobil

Suparna menjelaskan bila filter AC menjadi salah satu faktor penentu dari kualitas udara pada kabin mobil. Fungsinya sudah tentu menyaring debu atau pun kotoran lain.

Ilustrasi filter kabin www.youtube.com Ilustrasi filter kabin
Bila kondisinya terawat atau bersih, maka kualitas udara yang dihasilkan pun juga sehat untuk dihirup. Sebaliknya, bila kondisi filter kotor, otomatis begitu pula kualitas udara pada kabin.

Baca juga: Benarkah Langsung Nyalakan “AC” Saat Masuk Mobil Berbahaya?

Karena itu diharapakan pemilik mobil juga berperan aktif melihat kondisi filter kabin atau AC pada mobil yang digunakannya. Tidak perlu harus menunggu saat momen servis berkala, pengecekan dan pembersihannya pun bisa dilakukan sendiri.

Filter AC di kabin spaoto.com Filter AC di kabin
“Dari sisi patokan kapan filter harus diganti sebenarnya tidak ada yang baku, tergantung dari kondisi saja. Bila dirawat sudah tentu masa pakainya bisa lama. Sebaiknya lakukan perawatan sendiri, lokasi filter biasanya sudah tertera di buku manual mobil,“ kata Suparna.

Sedangkan untuk proses pembersiahan, pantang dilakukan menggunakan air seperti merendam atau mencuci. Filter AC dibersihkan hanya dengan menyemprotkan tekanan udara melalui kompresor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com