Toyota Bantah Avanza Laris Karena Diskon

Kompas.com - 18/12/2018, 07:22 WIB
Toyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaToyota Avanza yang dipamerkan di belakang stan Toyota GIIAS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza mulai Oktober dan November 2018, kembali merebut takhta segmen low multi porpose vehicle ( LMPV), setelah sebelumnya diduduki Mitsubishi Xpander. Dua bulan terakhir, penjualan mobil sejuta umat Toyota itu lebih unggul dibanding rival.

Distribusi dari pabrik ke diler berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk periode Januari-November 2018 tercatat 72.537 unit. Hasil tersebut belum termasuk Transmover selama 11 bulan mencapai 2.956 unit.

Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, ketika berbincang dengan Kompas.com, mengatakan, larisnya Avanza sudah sejak dulu, dan paling penting yang harus digaris bawahi adalah bukan karena penerapan diskon.

"Jadi tanpa diskon juga Avanza tetap diminati oleh masyarakat Indonesia," ucap pria yang akrab disapa Soerjo belum lama ini di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Diskon Avanza-Xenia dkk Tembus Puluhan Juta Rupiah

Soejo menjelaskan, permintaan Avanza setiap bulan masih stabil, yaitu di angka 7.000-an unit per bulan. Padahal, dalam satu tahun terakhir persaingan di kelas mobil sejuta umat begitu sengit, setelah banyak pemain baru.

Toyota AvanzaTAM Toyota Avanza

"Jadi tetap saja kalau laris, justru secara pasar kalau menurut pengamatan saya menjadi lebih besar dengan adanya kompetitor. Karena penjualan Avanza tetap diangka segitu per bulannya," kata Soerjo.

Sepanjang November 2018 sendiri Avanza terdistribusi 6.993 unit. Hasil tersebut lebih besar dari Mitsubinshi Xpander yang terjual 5.094 unit atau secara keseluruhan sepanjang tahun ini sudah terkirim 71.219 unit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X