Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Aki Mobil Juga Butuh Perawatan

Kompas.com - 17/12/2018, 14:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang pemilik kendaraan bermotor, khususnya mobil sering lupa dengan merawat aki. Padahal, komponen tersebut sama seperti yang lain, yaitu membutuhkan perawatan agar kinerjanya tetap maksimal.

Sebab, fungsi dari aki sendiri sebagai penyuplai listrik ke berbagai komponen. Oleh sebab itu, agar usia pakainya awet, maka disarankan setiap pemilik mobil untuk selalu mengecek atau memperhatikan kondisinya.

"Ibarat ponsel, aki ini merupakan baterai sehingga perlu perawatan dan pengecasan," ucap Sapta Agung Nugraha Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Hitung Usia Pakai Aki dari Awal Membeli

Cara melakukan perawatannya, kata Sapta tidak sulit dan tentunya dapat dilakukan sendiri. Berikut tips yang diberikan Sapta untuk para pemilik mobil:

- Jaga voltage accu di 12V dengan cara jangan menambah beban standar pada aki.
- Pada saat berhenti parkir, pastikan lampu-lampu kendaraan dalam keadaan mati.
- Apabila mobil tidak lama digunakan, pastikan setiap tiga hari sekali mesin dinyalakan kira-kira 15 menit, agar aki tersebut mendapatkan pengisian dari alternator.
- Bersihkan terminal aki dari kotoran dengan menggunakan air panas, kemudian lap lagi sampai kering.
- Terakhir, bisa juga melepas kabel aki pada saat mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

"Untuk aki jenis basah tidak ada patokan berapa kilometer mesti diisi air, yang penting perhatikan saja level air pada aki. Apabila ada di bawah garis level segera diisi, karena jika tidak akan mengakibatkan elemen aki menjadi rusak," ujar Sapta.

Nah, musim libur seperti sekarang ini jangan lupa juga untuk mengecek kondisi aki, agar selama di perjalanan tidak mengalami masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com