Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Freego untuk Harian Cukup Mengejutkan

Kompas.com - 15/12/2018, 08:02 WIB
Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harian Kompas.com / Setyo AdiSkutik Yamaha Freego dalam pengujian harian

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas beragam fitur di Freego S ABS, kini topik beralih pada performa mesin dan konsumsi bahan bakar. Skutik yang dibanderol harga Rp 22,5 juta ini menggunakan mesin 125 cc SOHC.

Mesin ini mengeluarkan tenaga 9,3 tk pada putaran 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada putaran 5.500 rpm. Perbandingan kompresiya 9,5:1.

Dari pengujian yang dilakukan selama beberapa hari, mesin ini cukup memberikan tenaga di jalan perkotaan. Meski tidak bisa dibilang responsif saat putaran awal, namun ketika di putaran tengah limpahan tenaga terasa cukup besar.

Beberapa kali pengendara menggunakan Freego menuju area parkir gedung bertingkat yang melewati jalan menanjak. Tenaga Freego dengan mudah melewati jalanan tersebut.

Catatan tersendiri untuk ukuran ban yang digunakan skutik ini. Ban depan 100/90-12M/C 59 J  dan belakang 110/90-12M/C 64L, keduanya tubeless, mampu menyalurkan tenaga mesin dengan baik plus dengan feeling berkendara yang lebih mantap.

Baca juga: Yamaha Kucurkan Dana Rp 2,1 Triliun buat Grab

Dari suspensi, Freego menggunakan suspensi depan teleskopik dan belakang unit swing. Penilaian selama harian terasa cukup lembut untuk melewati kontur jalan yang tidak terlalu mulus.

Untuk pengereman, skutik yang memiliki jarak sumbu roda 1.275 mm ini menggunakan rem depan single disc dan rem belakang drum brake. Spesifikasi rem ini cukup untuk memperlambat laju motor berbobot kosong 100 kilogram ini, meski terasa lamban.

Nilai tambah keamanan pengereman juga ditunjang fitur ABS. Juga fitur smart lock yang difungsikan di tuas kiri pengereman untuk keamanan berhenti di lampu merah atau turunan dan tanjakan.

Freego juga disertai fitur Stop Start System (SSS) untuk efisiensi bahan bakar. Ia akan bekerja dengan mengaktifkan tombol yang berada di sisi kanan kemudi, mesin akan mati ketika motor berhenti atau dalam keadaan idle misal di lampu merah. Untuk menyalakan mesin pengemudi tinggal memutar tuas gas, cukup mudah.

Baca juga: Performa dan Handling Freego S ABS

Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harianKompas.com / Setyo Adi Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harian

Konsumsi bahan bakar

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X