Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Pentingnya Melakukan Rotasi Ban Mobil

Kompas.com - 14/12/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan rotasi ban pada mobil ternyata sangat penting. Fungsi utama, yaitu untuk membuat ban tersebut memiliki keausan yang merata, karena jika tidak potensi tidak rata begitu besar.

Oleh sebab itu, seperti dijelaskan Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, ketika ingin melakukan rotasi maka perlu diketahui dulu mobil tersebut memiliki sistem gerak roda depan atau belakang.

"Caranya berbeda-beda, ada yang dari roda bagian belalang pindah ke depan, atau menyilang, ada juga yang dibuat sejajar, tergantung tipe penggerak rodanya," kata Suparman ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Paten Baru untuk Keselamatan Ban Mobil

Senada dengan Suparman, Deni Andrian, Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City (GDC) menjelaskan bahwa, secara aturan rotasi ban yang menggunakan ban dalam dengan tubeless, berbeda.

Pola merotasi banyoutube.com Pola merotasi ban

Sebagai contoh ban bias, cukup melakukannya dengan cara crossing atau menyilang, sedangkan ban tubeless dari depan ke belakang atau sebaliknya.

“Ada aturannya tersendiri agar tidak terjadi kesalahan, sehingga tidak boleh sembarangan,” ujar Deni ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Menurut Deni, apabila secara aturan, disarankan melakukan rotasi setiap 10.000 km atau ketika servis berkala di bengkel resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com