Catat, Pentingnya Melakukan Rotasi Ban Mobil

Kompas.com - 14/12/2018, 08:42 WIB
Pentingnya rotasi ban kiosban.comPentingnya rotasi ban

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan rotasi ban pada mobil ternyata sangat penting. Fungsi utama, yaitu untuk membuat ban tersebut memiliki keausan yang merata, karena jika tidak potensi tidak rata begitu besar.

Oleh sebab itu, seperti dijelaskan Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, ketika ingin melakukan rotasi maka perlu diketahui dulu mobil tersebut memiliki sistem gerak roda depan atau belakang.

"Caranya berbeda-beda, ada yang dari roda bagian belalang pindah ke depan, atau menyilang, ada juga yang dibuat sejajar, tergantung tipe penggerak rodanya," kata Suparman ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Paten Baru untuk Keselamatan Ban Mobil

Senada dengan Suparman, Deni Andrian, Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City (GDC) menjelaskan bahwa, secara aturan rotasi ban yang menggunakan ban dalam dengan tubeless, berbeda.

Pola merotasi banyoutube.com Pola merotasi ban

Sebagai contoh ban bias, cukup melakukannya dengan cara crossing atau menyilang, sedangkan ban tubeless dari depan ke belakang atau sebaliknya.

“Ada aturannya tersendiri agar tidak terjadi kesalahan, sehingga tidak boleh sembarangan,” ujar Deni ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Menurut Deni, apabila secara aturan, disarankan melakukan rotasi setiap 10.000 km atau ketika servis berkala di bengkel resmi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X