Bebas Denda Pajak Kendaraan Berakhir Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 13/12/2018, 07:42 WIB
Seorang pengendara Honda CRV berpelatnomor B 1344 BJM terkena razia penesahan STNK di Jalan Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (28/11/2018). Kompas.com/RIMA WAHYUNINGRUMSeorang pengendara Honda CRV berpelatnomor B 1344 BJM terkena razia penesahan STNK di Jalan Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (28/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga DKI Jakarta yang masih punya tunggakan pajak kendaraan bermotor, diharapkan segera membayar. Sebab, program bebas administrasi atau denda akan selesai akhir pekan ini pada 15 Desember 2018.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji pun menghimbau agar para wajib pajak yang memiliki tunggakan, bisa memanfaatkan program tersebut.

"Apalagi nanti akan kita berlakukan aturan yang tidak bayar pajak dua tahun berturut-turut STNK-nya akan diblokir. Jadi manfaatkanlah program ini," ujar Sumardji ketika dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Sejak 15 November hingga pekan kedua Desember 2018, sudah cukup banyak para penunggak pajak yang mulai sadar akan kewajibannya. Bahkan, selama ini juga sering dilakukan razia pajak, dan diadakan tempat pembayaran pajak di beberapa lokasi.

Baca juga: Blokir STNK Penunggak Pajak Bisa Dimulai Awal 2019

"Efektif sekali, dan memang program ini diberikan untuk meringankan para penunggak pajak kendaraan bermotor. Masih ada waktu beberapa hari lagi sampai 15 Desember 2018," ucap Sumardji.

Pemilik kendaraan membayar pajak kendaraannya di lokasi razia di Jalan Elang Laut, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (27/9/2018).Dokumentasi/Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Pemilik kendaraan membayar pajak kendaraannya di lokasi razia di Jalan Elang Laut, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (27/9/2018).

Penghapusan sanksi administrasi kendaraan bermotor ini berbarengan dengan PKB, BBN-KB, dan PBB-P2. Pengumuman program ini berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta No 2135 Tahun 2018.

Selain itu, langkah ini juga diharapkan bisa menjadi stimulus wajib pajak untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam hal tertib administrasi pembayaran.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X