Tantangan Manufaktur Otomotif di 2019

Kompas.com - 12/12/2018, 16:23 WIB
Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat. Febri Ardani/KompasOtomotif Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia bersiap menyambut tahun baru dengan kondisi memasuki masa pemilihan umum. Tidak hanya masyarakat umum saja, pihak industri otomotif dan manufaktur juga bersiap menghadapi 2019 sebagai tahun politik.

“Tahun depan sebenarnya tidak ada yang akan berubah signifikan. Yang penting optimis ekonomi dijaga. Ini agar orang tetap mau beli mobil, atau apapun, tidak terganggu,” ucap Director Administration, Corporate, & External Affair PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN) Bob Azzam yang ditemui Selasa (11/12/2018).

Menurut Bob, kondisi seperti itu juga yang diharapkan semua pelaku ekonomi di Indonesia. Kondisi seperti kenaikan suku bunga, likuiditas yang ketat akan dihadapi.

“Kita akan berusaha bagaimana tidak ada penyesuaian harga lagi. Sebab konsumen kan tidak ada di posisi bisa dinaikkan harganya. Jadi caranya meningkatkan efisiensi serta menekan laju kenaikan karena pelemahan rupiah,” ucap Bob.

Toyota Sebarkan Semangat Start Your Impossible

Soal kondisi tahun depan Bob menilai soal kurs mata uang masih menjadi salah satu masalah yang akan dihadapi. Sedangkan soal kondisi perdagangan antar negara yang belakangan diributkan antara China dan Amerika Serikat, dinilai mulai mereda.

“Jadi proyeksi kita, tahun depan produksinya sama dengan tahun ini. Mempertahankan pun sudah dihitungnya bagus,” ucap Bob.

Mengenai ekspor, Toyota berharap tahun depan dapat meningkatkan lokal konten produksi mereka. Bob mengungkapkan saat ini di hilir komponen yang sudah lokal sekitar 80 sampai 90 persen sedangkan di hulu sekitar 60 sampai 70 persen.

“Jelas masalahnya adalah melokalisasikan hulunya. Hilir bahkan yang ekspor sama impor sudah surplus. tinggal hulunya melokalisasikan part penting seperti baja, resin, dan aluminium, yang beberapa secara bertahap sudah dilokalkan,” ucap Bob.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X