Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti BMW Serius Garap Mobil Listrik di Tanah Air

Kompas.com - 10/12/2018, 18:30 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBMW Group Indonesia juga menjadi bagian dalam peluncuran pilot project Green Energy Station (GES) yang diresmikan PT Pertamina (Persero). BMW menunjukan dukungannya dengan penyediaan charging station i Wallbox Plus yang diinstal dengan konfigurasi 3 phase 22 kW.

Menurut Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O’tania, BMW mendukung langkah Pertamina untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. BMW sendiri adalah perusahaan pertama yang menjual kendaraan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) sejak tahun 2016 di Indonesia. 

“Kami mendukung sekali langkah Pertamina. Hal ini pastinya bisa memenuhi kebutuhan konsumen untuk bisa melakukan pengisian daya baterai di lokasi yang strategis yang juga bisa dijadikan sebagai langkah sosilaisasi seputar benefit dari kendaraan listrik,” ucap Jodie kepada Kompas.com, dalam seremoni peluncuran GES di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Baca juga: Mitsubishi Pasang Quick Charger Mobil Listrik di SPBU Pertamina

Menurut Jodie, secara global BMW telah mengembangkan jaringan pengisian energi kendaraan listrik di lebih dari 30 negara dan 120.000 titik di seluruh dunia. Untuk Indonesia sendiri, selain telah menghadirkan kendaraan sports ikonik BMW i8 Coupe dan BMW i8 Roadster, hingga saat ini BMW telah miliki dua diler yang mendukung layanan aftersales dan service kendaraan listrik yaitu BMW Astra Serpong dan BMW Tunas Tebet.

Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan
Untuk BMW i Wallbox Plus yang disedikan di SPBU COCO Pertamina, sudah cukup modern karena dapat diaktifkan dengan teknologi Radio-frequency identification (RFID). Melalui perangkat tersebut juga memungkinkan charging station BMW terkoneksi dan terintegrasi dengan sistem digital milik Pertamina.

“Bila memang nanti kami dibutuhkan untuk bekerja sama lagi dengan Pertamina kami akan sangat terbuka. Wallbox BMW satu-satunnya yang menggunakan RFID, dengan itu sangat memungkinkan bekerja sama dengan layanan digital MyPertamina ke depannya,” ucap Jodie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com