Suzuki Pensiunkan Hayabusa di Akhir Tahun

Kompas.com - 10/12/2018, 13:02 WIB
Suzuki Hayabusa di kantor pusat Maruti Suzuki di India. KOMPAS.com/FEBRI ARDANISuzuki Hayabusa di kantor pusat Maruti Suzuki di India.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motorsport Suzuki Hayabusa sudah dikenal sebagai produk legendaris dari Suzuki. Hadir hampir dua dekade, Hayabusa menjadi nama yang identik dengan rekor kecepatan produk roda dua di jalan raya.

Namun kabar terbaru mengungkapkan, kehadiran Hayabusa kini sudah bisa dihitung dengan jari. Suzuki mengumumkan akan menghentikan produksinya di akhir tahun ini.

Alasan Suzuki menghentikan produk Hayabusa karena sepeda motor ini gagal memenuhi standar emisi Euro IV dan peraturan lain yang dikenalkan di benua Eropa melalui EU Regulation 168/2013. 

Peraturan tersebut sebenarnya sudah berlaku sejak awal 2016 lalu dan pemerintah Eropa memberikan waktu bagi produsen hingga akhir 2018. Jepang sendiri sudah menghentikan produksi motor ini dan hanya tinggal menunggu waktu motor ini hanya tinggal stok di diler.

Baca juga: Suzuki Indonesia Masih Jual Moge, Termasuk Hayabusa

Penjualan motor ini juga dianggap ilegal di negara-negara Eropa per 1 Januari 2019. Meski demikian beberapa negara masih menjual motor ini seperti di pasar Amerika dan India. 

Lantas apakah Suzuki sudah menyiapkan pengganti Hayabusa? Tahun 2019 mendatang akan menjadi perayaan ke 20 tahun Hayabusa dan Suzuki sepertinya telah mempersiapkan pembaruan motor tersebut.

Beberapa bocoran sudah diperlihatkan Suzuki dalam mempersiapkan generasi ketiga motor sport ini. Diharapkan Hayabusa terbaru dapat menjadi rival sepadan dari Kawasaki ZX-14R.

Hayabusa pertama kali dikenalkan pada 1999 mengusung mesin 1.299 cc empat silinder berpendingin cairan. Motor tersebut diklaim menghasilkan tenaga 173 tk dan trosi 135 Nm. 

Ketika itu Hayabusa dihadirkan untuk menantang Honda CBR1100XX Blackbird guna menjadi motor produksi massal tercepat di dunia. Hayabusa terakhir mendapatkan perubahan kecil pada 2008 yang diberikan pada desain dengan mesin menjadi 1.340 cc.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X