Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Toyota Voxy dan Alphard Naik

Kompas.com - 07/12/2018, 13:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan model multi purpose vehicle (MPV) sudah lama menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Ini terlihat dengan banyaknya pilihan model yang ditawarkan produsen di segmen tersebut.

Toyota sebagai salah satu produsen yang memiliki deretan produk MPV juga menyadari hal ini. Menariknya, dari capaian tahun ini, model MPV yang paling banyak mengalami peningkatan justru bukan di segmen low MPV, namun medium ke atas.

“Kalau dilihat segmen MPV yang tumbuhnya terbesar itu di model high MPV. Ada Voxy di situ, catatannya dari Januari sampai November tahun lalu di angka 700-an, sekarang di 5.000-an. Voxy saja,” ucap PR Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Rouli Sijabat saat ditemui bersama Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto pada Kamis (6/12/2018) malam.

Rouli mengungkapkan untuk model MPV luxury Alphard juga bertumbuh 28 persen. Catatan penjualan wholesale Toyota memperlihatkan Alphard tahun lalu hanya 3.500 unit menjadi 4.500 unit di tahun ini.

Baca juga: DSFK Belum Tertarik Jualan MPV di Indonesia

Dikatakan, segmen konsumen di kelas medium up sangat sensitif terhadap kehadiran model baru. Ini membuat kehadiran Voxy dan Alphard yang hadir beberapa waktu lalu ikut menumbuhkan pasar.

“Mereka punya uang untuk membelanjakan. Tapi sensitif dengan produk baru. Mereka menunggu ada model apa yang baru, setelah itu membelanjakan uangnya. Kalau dirasa tidak menarik dia tunggu produk baru yang menarik,” ucap Rouli.

Voxy dikenalkan pada pertengahan 2017 lalu untuk menggantikan model Noah. MPV tersebut dibanderol mulai Rp 458 jutaan.

Alphard sendiri pada Maret 2018 lalu baru diberikan pembaruan. MPV luxury ini dibanderol mulai Rp 994 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com