Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2018, 08:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan infrastruktur jalan tol Jakarta - Surabaya yang sebentar lagi akan menyatu, menjadi angin segar bagi para pengusahan angkutan umum maupun rental. Salah satunya seperti perusahaan sewa kendaraan milik Astra, yakni Trac (Astra Rent Car).

Agus Riyadi, selaku Chief Operating Officer Trac, mengatakan dengan maraknya infrastruktur jalan tol akan menjadi salah satu pemicu untuk mengairahkan bisnis sewa mobil, khususnya untuk perjalanan jarak jauh.

"Otomatis menjadi salah satu pemicu bagi kami dan terus terang kondisi tersebut memang cukup lama ditunggu. Untuk waktu tempuh akan jauh lebih singkat, tapi untuk perjalan jarak jauh mungkin porsinya akan dominan ke bisnis kendaaran komersil kami, seperti bus maupun sekelas Hiace," ucap Riyadi saat berbincang dengan Kompas.com dalam acara Trac Blogger Gathering di Jakarta, Selasa (4/11/2018).

Baca juga: Trac Tawarkan Solusi Sewa Mobil Liburan Akhir Tahun

Kondisi ini pun juga diakui Branch Manager Trac Lutfhi Khairawan Putra. Menurut Lutfhi, potensi untuk mengembangkan di segmen jasa penyewaan kendaaraan bus akan memiliki peluang besar saat semua tol lintas Jawa sudah tersambung.

Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi
Lutfhi menjelaskan bila secara tren, sampai saat ini sewa kendaraan niaga yang mampu mengangkut banyak orang memang masih stabil, khususnya pada segmen seperti Hiace. Sementara untuk bus besar sendiri, pemesanannya lebih ke waktu-waktu tertentu, seperti liburan atau ketika hari raya Lebaran.

"Pengembangan tol sampai Surabaya jadi peluang untuk meningkatkan bisnis, karena kebetulan hub kami ada di Jakarta dan Surabaya. Secara tidak langsung juga membuat kegiatan wisata menjadi lebih singat dari sisi jarak tempuh dan perjalanan. Ini juga tentunya mendorong kami untuk membuka oulet jaringan lebih banyak ke depannya," kata Lutfhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.