Rental Astra Sambut Tol Jakarta-Surabaya - Kompas.com

Rental Astra Sambut Tol Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 05/12/2018, 08:42 WIB
Petugas perusahaan rental TRAC memeriksa kesiapan unit. Dhoni Setiawan Petugas perusahaan rental TRAC memeriksa kesiapan unit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan infrastruktur jalan tol Jakarta - Surabaya yang sebentar lagi akan menyatu, menjadi angin segar bagi para pengusahan angkutan umum maupun rental. Salah satunya seperti perusahaan sewa kendaraan milik Astra, yakni Trac (Astra Rent Car).

Agus Riyadi, selaku Chief Operating Officer Trac, mengatakan dengan maraknya infrastruktur jalan tol akan menjadi salah satu pemicu untuk mengairahkan bisnis sewa mobil, khususnya untuk perjalanan jarak jauh.

"Otomatis menjadi salah satu pemicu bagi kami dan terus terang kondisi tersebut memang cukup lama ditunggu. Untuk waktu tempuh akan jauh lebih singkat, tapi untuk perjalan jarak jauh mungkin porsinya akan dominan ke bisnis kendaaran komersil kami, seperti bus maupun sekelas Hiace," ucap Riyadi saat berbincang dengan Kompas.com dalam acara Trac Blogger Gathering di Jakarta, Selasa (4/11/2018).

Baca juga: Trac Tawarkan Solusi Sewa Mobil Liburan Akhir Tahun

Kondisi ini pun juga diakui Branch Manager Trac Lutfhi Khairawan Putra. Menurut Lutfhi, potensi untuk mengembangkan di segmen jasa penyewaan kendaaraan bus akan memiliki peluang besar saat semua tol lintas Jawa sudah tersambung.

Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi
Lutfhi menjelaskan bila secara tren, sampai saat ini sewa kendaraan niaga yang mampu mengangkut banyak orang memang masih stabil, khususnya pada segmen seperti Hiace. Sementara untuk bus besar sendiri, pemesanannya lebih ke waktu-waktu tertentu, seperti liburan atau ketika hari raya Lebaran.

"Pengembangan tol sampai Surabaya jadi peluang untuk meningkatkan bisnis, karena kebetulan hub kami ada di Jakarta dan Surabaya. Secara tidak langsung juga membuat kegiatan wisata menjadi lebih singat dari sisi jarak tempuh dan perjalanan. Ini juga tentunya mendorong kami untuk membuka oulet jaringan lebih banyak ke depannya," kata Lutfhi.



Close Ads X