Kompas.com - 05/12/2018, 07:36 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil pada saat musim hujan seperti sekarang ini, yaitu mengecek karet wiper. Sebab, peran wiper begitu penting untuk membantu visibilitas selama berkendara.

Apabila karet wiper tersebut sudah getas atau keras, maka kerjanya menjadi tidak maksimal. Karet yang menyapu air hujan akan menimbulkan bekas atau tidak bersih.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City Deni Andrian, paling mudah ketika sapuan dari wiper tersebut tidak seperti biasa. Artinya harus sudah mulai diganti dengan yang baru, agar fungsinya menjadi maksimal lagi.

Baca juga: Kebiasan Ini Bikin Karet "Wiper" Cepat Rusak

"Kalau dibilang daya tahannya sampai berapa lama tergantung dari kondisi atau pemakaian," ucap Deni ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (4/12/2018).

Modifikasi sederhana wiper tegak ala JDMTEVCI Modifikasi sederhana wiper tegak ala JDM

Deni menjelaskan, apabila mobil tersebut sering melewati jalan yang berdebu atau dingin seperti di puncak, maka akan lebih cepat getas. Sebab, ketika menyapu air bersamaan dengan debu atau serangga yang menempel di kaca.

"Otomatis itu akan lebih cepat dari biasanya. Tetapi kalau normalnya bisa sampai enam bulan bahkan lebih, tergantung pemakaian," kata dia.

Maka dari itu, buat pemilik mobil jangan malas mengecek kondisi karet wiper. Apabila sudah getas, maka sebaiknya diganti demi menjaga keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.