Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Jajal Xmax dan Terkenang Aksi Kebut-kebutan di Asian Games 2018

Kompas.com - 03/12/2018, 15:47 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo mengunjungi pabrik sepeda motor Yamaha, di kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (3/12/2018). Kunjungan Presiden Jokowi ini membuat ia teringat akan aksinya mengendarai motor di acara pembukaan Asian Games 2018.

"Modelnya tidak tahu. Tapi saya ingat itu motor Yamaha. Saya loncat pakai Yamaha, tapi tentu dibantu stuntman. Masa Presiden suruh loncat naik motor," ucap Jokowi yang disambut tawa para tamu yang hadir.

Jokowi yang mengenakan jaket hitam merek Bulls Syndicate nampak santai mengunjungi pabrik yang dibangun sejak 1985 ini. Ia pun menyempatkan diri mengunjungi lini produksi Yamaha yang memproduksi motor ekspor Xmax yang juga menjadi produk ekspor ke 1,5 juta unit.

Jokowi sempat menaiki Xmax produksi Pulo Gadung tersebut dan nampak cukup tertarik dengan motor tersebut. Apakah ini akan menjadi motor selanjutnya untuk dimodifikasi Presiden?

Terus Tingkatkan Ekspor

Jokowi berharap capaian 1,5 juta unit ekspor ini akan terus ditingkatkan Yamaha di masa depan. Ia menyanjung ekspor tinggi, investasi serta konten lokal di produk Yamaha yang cukup tinggi.

"Kalau sekarang ekspornya 25 persen, 75 persen lokal, saya harap lima tahun ke depan akan berbalik," ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap iklim investasi terus ditingkatkan. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh calon investor harapnya tidak lagi ditemui.

"Hambatan apa saja yang terjadi di negara kita, saya tidak mau dipersulit. Perizinan kalau masih lama sampaikan pada menteri terkait. Kalau tidak mempan langsung ke saya," ucap Jokowi.

Yamaha berhasil meningkatkan 14,7 kali lipat ekspor sejak 2014 lalu. Selain 1,5 juta unit ekspor sepeda motor, Yamaha juga mengekspor 5,3 juta set Complete Knock Down.

Model yang diproduksi di Indonesia antara lain Xmax, Nmax, Lexi, Aerox, YZF-R3, R25, MT-03, MT-25, R15, MX-King dan eberapa model lain yang diekspor ke 45 negara di lima benua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com