Ekspor Yamaha Tembus Angka 1,5 Juta Unit

Kompas.com - 03/12/2018, 14:58 WIB
Yamaha rayakan ekspor ke 1,5 juta Kompas.com/Setyo AdiYamaha rayakan ekspor ke 1,5 juta


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merayakan pencapaian ekspor 1,5 juta unit sepeda motor, Senin (3/12/2018). Acara ini juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo beserta jajaran terkait.

"Saya ingat ketika 2014 lalu Yamaha baru mengekspor 23.000 motor, kini di 2018 sudah mencapai 338.000. Total capaian ekspor 1,5 juta unit ini besar sekali," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga mengungkapkan kebahagiaannya terkait peningkatan ekspor yang dicapai Yamaha. Selain itu dari sisi investasi juga besar dan konten lokal produk Yamaha mencapai 94 persen.

Executive Vice President & COO PT YIMM Dyonisius Beti mengungkapkan, peningkatan ekspor Yamaha meningkat 14,7 kali lipat dari calaian 2014 lalu. Komposisi ekspor produk Yamaha mencapai 25 persen dari total produksi mereka dalam satu tahun.

Baca juga: Vinales Yakin Motor Yamaha Bisa Menciptakan Gelar Juara

"Kinerja ekspor memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar 813,6 juta dollar US atau setara Rp 11,8 triliun," ucap Dyon.

Produk-produk Yamaha yang diekspor antara lain Xmax, Nmax, Lexi, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX King serta beberapa model lain. Negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis dan negara di Asia, Afrika serta Australia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.