Dualisme "Charger" Mobil Listrik Antara Pertamina dengan PLN

Kompas.com - 26/11/2018, 07:02 WIB
Setelah resmi meluncur, Pertamina akan gratiskan charging station selama beberap bulan. stanlySetelah resmi meluncur, Pertamina akan gratiskan charging station selama beberap bulan.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) resmi memulai babak baru menyambut era kendaraan listrik. Salah satunya dibuktikan dengan penyediaan pengisian daya untuk mobil listrik di SPBU COCO Kuningan, Jakarta Selatan, yang merupakan pilot project dari program Green Energy Station (GES).

Menariknya, GES diklaim Pertamina berbeda dengan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang dipelopori oleh PLN. Menurut Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, GES merupakan versi upgrade dari existing gas station Pertamina.

"Kita beda dengan SPLU, alau SPLU itu menyediakan lahan berupa colokannya saja. Artinya pemilik mobil atau motor listrik tetap harus membawa alat charging-nya, kalau GES ini tidak, semudah tinggal pakai," ucap Adiatma kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik Gratis di SPBU Pertamina

Adiatma menjelaskan bila GES memiliki konsep semuanya tersaji. Setiap SPBU Pertamina akan dilengkapi dengan fasilitas charging station, PV Station, dan digitalisasi. Pemilik mobil tinggal menggunakan charging station tanpa harus membawa alat apapun.

stasiun pengisian listrik umum (SPLU) milik PLNIstimewa stasiun pengisian listrik umum (SPLU) milik PLN
Meski demikian, Pertamina tidak menutup kemungkinan bila nantinya akan ada jalinan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) salah satunya PLN. Karena meski secara fasilitas lebih fleksibel tapi daya yang disediakan tetap dari PLN.

"Ini kan baru, nanti diluncurkan di 10 Desember, jadi langkah-langkah ke depan dipastikan akan banyak lagi. Dengan BUMN lain seperti PLN tentu besar sekali peluangnya," ucap Adiatma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.