Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngecas" Mobil Listrik Gratis di SPBU Pertamina

Kompas.com - 23/11/2018, 14:52 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamian (Persero) sudah memulai program Green Energy Station (GES). Sebagai pilot project, empat stasiun pengisian daya mobil listrik sudah disediakan di SPBU COCO Pertamina yang ada di Kuningan, Jakarta Selatan.

Rencanaya pertamina akan resmi merilis GES pada 10 Desember 2018 mendatang. Setelah itu masyarakat pengguna mobil listrik bisa memanfaatkan charging station untuk mengisi daya mobilnya.

"Kita launching 10 Desember, setelah itu bisa langsung digunakan oleh pemilik mobil listrik, baik Electric Vehicle atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Untuk awal rencananya akan kita gratiskan dulu, tidak dikenakan biaya," ucap Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/11/2018).

Baca juga: Pertamina Sediakan Charging Station di SPBU Kuningan

Menurut Adiatma, Pertamina akan mengratiskan pengisian daya mobil listrik hingga beberapa bulan ke depan. Hal ini dilakukan untuk melihat animo masyarakat serta mengevaluasi seberapa besar penggunaannya.

Empat stasiun pengisian daya mobil listrik di SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan, yang menjadi program Green Energy Station (GES).stanly Empat stasiun pengisian daya mobil listrik di SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan, yang menjadi program Green Energy Station (GES).

Sementara untuk jenis charging station yang disediakan terdiri dari dua model, yakni Tipe 1 dan Tipe 2. Untuk Tipe 1 khusus untuk mobil-mobil listrik keluaran Jepang, sementara tipe 2 untuk mobil Eropa.

"Kita siapakan Tipe 1 dan 2, masing-masing ada yang normal charging ada yang fast charging. Untuk saat ini kita memang masih fokus pada kendaraan listrik jenis mobil, belum ke sepeda motornya," kata Adiatma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com